Klasifikasi Citra Burung Jalak Bali dengan Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN)

Dadang Iskandar Mulyana, Ahmad Bustomi Zuhari, Mesra Betty Yel

Abstract


Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) juga dikenal sebagai Rothschild's mynah, Bali starling, atau Bali mynah merupakan burung endemik bali dan penyebarannya hanya terdapat di Taman Nasional Bali Barat, Keunikan dan keindahan bulunya serta suaranya yang berkicau membuat Jalak Bali diminati banyak orang. Banyaknya jenis burung jalak yang ada terkadang masih sulit untuk diidentifikasi atau dikenali oleh manusia. maka perlu dilakukan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors (KNN) untuk memudahkan manusia dalam mengidentifikasi burung jalak bali. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah burung jalak bali dan burung jalak nias yang menunjukkan perbedaan  signifikan pada motif dan warna. Ekstraksi ciri RGB digunakan untuk mendapatkan ciri pada citra warna, kemudian diklasifikasikan menggunakan algoritma K-Nearest Neighbors. Citra yang digunakan untuk data latih sebanyak 2000 citra, dan untuk data uji sebanyak 400 untuk 2 jenis citra. Hasil nilai evaluasi menunjukkan nilai akurasi pelatihan sebesar 98,95% dan untuk nilai akurasi pengujian adalah 98.50% pada algoritma K-Nearest Neighbors.


Keywords


Jalak Bali; Taman Nasional Bali Barat; K-Nearest Neighbors

References


Christianto E, “Implementasi Convolutional Neural Network pada Citra untuk Klasifikasi Burung Jalak,” 2021. [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika

H. S. Alikodra, “MASALAH PELESTARIAN JALAK BALI.”

N. A. Aryanti and R. H. Wicaksono, “KARAKTERISTIK PEMANFAATAN POHON OLEH JALAK BALI (LEUCOSAR ROTHSCHILDI) DI TAMAN NASIONAL BALI BARAT WILAYAH SPTN III, BULELENG, BALI,” 2018.

D. Markum, M. Syaputra, M. Program Studi Kehutanan Universitas Mataram, D. Pembimbing Utama, and D. Pembimbing Pendamping, “PENGELOLAAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN JALAK BALI (Leucopsar rothschildi) DI UNIT PENGELOLAAN KHUSUS PEMBINAAN JALAK BALI TEGAL BUNDER TAMAN NASIONAL BALI BARAT MANAGEMENT AND BALI STARLING (Leucopsarrothschildi) WALFARE STANDART IN UPKPJB TEGAL BUNDER MANAGEMENT UNIT AT BALI BARAT NATIONAL PARK.”

H. Sujaini, “Klasifikasi Citra Alat Musik Tradisional dengan Metode k-Nearest Neighbor, Random Forest, dan Support Vector Machine,” JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, vol. 9, no. 2, p. 185, Nov. 2019, doi: 10.21456/vol9iss2pp185-191.

D. Putra Pamungkas, K. KUNCI Anggrek, and O. Korespondensi, “Ekstraksi Citra menggunakan Metode GLCM dan KNN untuk Indentifikasi Jenis Anggrek (Orchidaceae),” vol. 1, no. 2, pp. 51–56, 2019.

F. Pramatana, J. B. Hernowo, and L. B. Prasetyo, “POTENSI HABITAT JALAK BALI (Leucopsar rothschildi) DI TAMAN NASIONAL BALI BARAT.”

B. Sandy, J. K. Siahaan, P. Permana, and * Muhathir, Klasifikasi Citra Wayang Dengan Menggunakan Metode k-NN & GLCM, vol. 2. 2019.

R. Robi, W. #1, and C. Fitriyah, “JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Perbandingan Akurasi Klasifikasi Citra Kayu Jati Menggunakan Metode Naive Bayes dan k-Nearest Neighbor (k-NN),” 2019.

F. Liantoni, “Klasifikasi Daun Dengan Perbaikan Fitur Citra Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,” ULTIMATICS, vol. VII, no. 2, 2015.

A. husna and M. Nasir, “Klasifikasi Citra Daging Ayam Dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,” Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, vol. 1, no. 1, 2017.

W. Setiawan, F. Damayanti, J. Raya Telang, P. Box, and J. Timur, “KLASIFIKASI CITRA RETINA MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK MENDETEKSI MAKULOPATI DIABETIK,” 2016. [Online]. Available: http://www.adcis.net/en/DownloadThirdParty/

E. Budianita, L. Handayani, J. Teknik Informatika, F. Sains dan Teknologi, U. H. Sultan Syarif Kasim Riau Jl Soebrantas No, and S. Baru, “Implementasi Pengolahan Citra dan Klasifikasi K-Nearest Neighbour Untuk Membangun Aplikasi Pembeda Daging Sapi dan Babi,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 12, no. 2, pp. 242–247, 2015.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v5i1.9337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java