Rancang Bangun BSM Untuk Pemantauan dan Penyiraman Otomatis Pertanian Berbasis Internet of Things

Ariep Jaenul, Sinka Wilyanti, Wahyu Gamma Gene

Abstract


Perkebunan atau pertanian adalah sebuah kegiatan mengelola sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi dikarenakan menghasilkan sebuah bahan pangan yang dapat di konsumsi atau dimanfaatkan sebagai bahan produksi. Dikarenakan masih banyak petani yang menggunakan teknologi konvensional. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan seperti kualitas yang di hasilkan dan kuantitas dari segi berat tanaman atau sayuran dan juga dalam segi ketahanan terhadap hama dan lain sebagainya. Dengan itu penulis merancang sebuah sistem yang dapat membantu para petani dalam hal efisiensi untuk mengendalikan dan memantau kondisi tanah dan kadar air di perkebunan sehingga petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan efisiensi yang cukup tinggi. Sistem kebun pintar yang dirancang menggunakan jaringan IoT(Internet of Things) akan memudahkan petani dalam mengelola pertanian dan perkebunan mereka dengan menggunakan sebuah Mobile Apps sehingga para petani bisa memantau kondisi tanah dan mengendalikan pompa penyiraman secara otomatis tanpa harus menggunakan banyak tenaga dan dapat dilakukan dimana saja selama perangkat tersebut terhubung dengan jaringan Internet.

Keywords


Kebun Pintar; Efisiensi; Pertanian; Internet of Things; Mobile Apps

References


Kemenkeu, Undang Undang No.18 Tahun 2004 Pasal 1 Ayat 1, Kemenkeu, 2004.

F. Panduardi, “WIRELESS SMART HOME SYSTEM MENGGUNAKAN RASPBERRY PI BERBASIS ANDROID,” Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan,, p. 320, 2016.

disperkimta, “Cara Memilih Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman,” Cara Memilih Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman, p. 70, 25 April 2019.

A. Pangestu, M. N. Mohamed, S. Al-Zubaidi, S. H. K. Bahrain dan A. Jaenul, “An Internet of Things Toward a Novel Smart Helmet for Motorcycle : Review,” dalam AIP Conference Proceedings, Depok, 2021.

A. Wachjar, “Pengertian, Kriteria, Bentuk Usaha, dan Pola Pengembangan Tanaman Perkebunan Utama,” Budi Daya Tanaman Perkebunan Utama, pp. 4-5.

DISTAN, “Pengaruh pH Tanah Terhadap Pertumbuhan Tanaman,” 05 Mei 2021. [Online]. Available: https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/berita_instansi/40-pengaruh-ph-tanah-terhadap-pertumbuhan-tanaman.

I. B. M. DWIPAKRESNA, “RANCANG BANGUN PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN,” dalam Fakultas Teknik Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2015.

T. Brand, “A Simple Way of Measuring Soil,” Technical Article, p. 1, 2019.

S. LESTARI, “PEMBUATAN ALAT UKUR KELEMBABAN TANAH,” FMIPA USU, pp. 18 - 24, 2018.

A. D. Heri Andrianto, Arduino Belajar Cepat dan Pemprograman, Bandung: Informatika Bandung, 2016.

A. Khaira, “ANALISIS KALIBRASI SENSOR BH1750 UNTUK MENGUKUR RADIASI,” SeMNASTeK, p. 3, 2017.

Rebahan, “Water Level Detector,” 06 Maret 2020. [Online]. Available: https://www.itugasmu.com/2020/03/water-level-indicator-using-simple.html.

A. Kadir, Wireless programming untuk Arduino, Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI), 2018.

A. Pangestu, M. Yusro, W. Djatmiko dan A. Jaenul, “THE MONITORING SYSTEM OF INDOOR AIR QUALITY BASED ON INTERNET OF THINGS,” SPEKTRA: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, vol. 5, no. 2, p. 141, 2020.

F. Dayanti, PERANCANGAN SISTEM CHARGING DAN MONITORING PADA BATERAI LEVEL TEGANGAN 12 VOLT DC BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

Sugiyono, “Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.,” Alfabeta, p. 407, 2009.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v5i1.8116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java