Rancang Bangun Soul Tracking Mobile Junction (STMJ) Sebagai Alat Pemantau Koordinat Penjelajah di Alam Berbasis Internet Of Things

Nur Wahid Azhar, Andhika Ramadhani

Abstract


Mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang berorientasi di alam terbuka dan mendaki ke tempat yang lebih tinggi merupakan tujuan utama aktifitas olahraga tersebut. Tercatat pendaki di Gunung Kerinci pada tahun 2016 sampai 2018 berjumlah rata – rata 1144 pendaki dengan 53 kasus kecelakaan. Dengan semakin meningkatnya jumlah pendaki gunung yang ada di Indonesia, perlu dibuatnya suatu sistem yang dapat memonitori lokasi dan kondisi pendaki, guna menimalisir angka kecelakaan pendaki di Alam. Dalam penelitian ini, penulis merancang suatu alat dan sistem berbasis Radio Frequency dan Internet of Things (IoT). Alat ini menggunakan ESP-32 sebagai microcontrolller, GPS U-Blox Neo M7N sebagai module GPS, mlx90614 sebagai sensor suhu tubuh, Module LoRa SX1276 sebagai media transmisi antar alat dan Cloud Firestore sebagai media penyimpanan data antara alat dan aplikasi. Soul Tracking Mobile Junction (STMJ) merupakan teknologi yang dapat memonitori lokasi dan suhu tubuh pendaki secara realtime menggunkan aplikasi Android yang dapat memudahkan pihak keamanan dalam memantau para pendaki.


Keywords


Koordinat Lokasi; Suhu Tubuh; Aplikasi Android; Radio Frequency; Internet of Things

References


Sumitro. 1997. Buku Pedoman Berolahraga Panjat Tebing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bellboy, Mas. 2021. “Menjelajahi 8 Wisata Gunung Terpopuler di Indonesia”, https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/menjelajahi-wisata-gunung-terpopuler-di-indonesia-acc/89421.

Outdoorgear, Arei. 2019. “Antusiasme Pendakian Gunung Indonesia”, https://areioutdoorgear.co.id/blogs/news/antusiasme-pendakian-gunung-indonesia.

B. Geologi, “Data Gunung di Indonesia,” Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, 2020.

N. R. A. Ahmad Winarno, “Pencarian Thoriq yang Hilang Selama 12 Hari di Gunung Piramid,” Kompas, 2019.

S. a. K. Devalal, “LoRa technology-an overview,” 2018 Second International Conference on Electronics, Communication and Aerospace Technology (ICECA), 2018.

Dewi, Ria Juliani., Rusdinar, Angga., Wibawa, Prasetya Dwi. 2019. Prototipe Sistem Monitoring Posisi Perahu Nelayan Menggunakan Sistem GPS. Bandung: Universitas Telkom.

Imron, Bryan Ardyawan., Bogi, Nyoman., Mayasari, Ratna. 2020. “Rancang Bangun Alat Deteksi Kondisi Pendaki Berbasis Modul Wifi. Bandung: Universitas Telkom.

Danial., Wasriah, “Metode Penulisan Karya Ilmiah, Bandung”: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan IPI, 2009.

Syafnidawaty, "Observasi," Universitas Raharja, 10 November 2020. [Online]. Available: https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/. [Accessed 03 January 2022].

H. Purwacaraka, D. B. Santoso and R. Rahmadewi, "Analisis Tegangan dan Arus untuk Menghasilkan Elektrolisis pada Sistem Hidrogen Fuel Cell," STROOM : Journal of Signal Processing, Control, Electronics, Computer, Power and Telecomunication Engineering, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2021.

Dicoding Intern, "Apa itu Database? Contoh Produk dan Fungsinya," dicoding, 16 September 2020. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-database/. [Accessed 04 January 2022].




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v5i1.7660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status


UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java