Desain Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Memanfaatkan GPS Tracker Berbasis IoT

Muhammad Yosi Ashadi, Sofia Ariyani, Bagus Setya Rintyarna, Nanda Kurnia Wardati

Abstract


Jumlah kendaraan bermotor khususnya sepeda motor di Indonesia yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya diiringi dengan semakin tingginya tindak pencurian sepeda motor. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat melacak sepeda motor tersebut sehingga mudah untuk ditemukan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk proses pelacakan yaitu GPS Tracker. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan sistem keamanan sepeda motor dengan memanfaatkan GPS Tracker berbasis IoT yang bertujuan untuk mempermudah penggunanya melihat track disekitar objek yang dilacak tersebut bergerak. Hasil tracking ini dapat ditampilkan diaplikasi BLYNK. Metode GPS tracker yang digunakan adalah geocoding yang merupakan proses penyimpanan source code berdasarkan titik koordinat dari GPS. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam beberapa cara, salah satunya yaitu dengan menghitung selisih jarak antara GPS Tracker dan GoogleMap. Hasil dari perhitungan data tersebut digunakan untuk menginformasikan posisi keberadaan GPS tersebut dengan titik koordinat yang sudah ditentukan dari alat GPS tracker. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai akurasi hasil tracking sistem keamanan sepeda motor berbasis IoT, didapatkan nilai rata-rata selisih koordinat sebesar 2,43 meter. Hasil pelacakan alat ini memiliki kehandalan sebesar 80,49% dengan kesalahan sebesar 19,51%.

Keywords


Android; Blynk; Geocoding; Latitude; Longitude; Tracker

References


A. Ridho, “Alat Pengaman Kendaraan Roda Dua Pada Sistem Pengapian Berbasis E-KTP dan Sidik Jari,” Universitas Negeri Padang, 2020.

I. Tampubolon dan N. Rahanra, “Sistem deteksi keberadaan ikan dengan GPS guna meningkatkan pendapatan nelayan di Kabupaten Nabire,” J. FATEKSA J. Teknol. dan Rekayasa, vol. 2, no. 2, hal. 43–49, 2017.

D. Nataliana, “Perancangan Dan Realisasi Sistem Transmisi Data GPS Menggunakan Teknologi SMS (Short Messaging Service) Sebagai Aplikasi Sistem Personal Tracking,” Elkomika, vol. 1, no. 1, hal. 48–59, 2013.

Haniah dan A. E. Putra, “Purwarupa Portable Global Positioning System,” IJEIS, vol. 3, no. 1, hal. 105–116, 2013.

A. Pangestu, Sumardi, dan Sudjadi, “Perancangan Alat Pengaman Dan Tracking Kendaraan Sepeda Motor Dengan Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA644PA,” Transient, vol. 3, no. 4, hal. 433–441, 2014.

C. Julianto dan J. Andika, “Rancang Bangun Sistem Pengendali Lacak Posisi Sepeda Motor,” J. Teknol. Elektro, vol. 10, no. 1, hal. 50–61, 2019.

I. Intyas dan T. H. Rini, “Perancangan Alat Untuk Tracking Ekspedisi Berbasis GPS (Google Maps) Via SMS,” J. ICT, vol. IX, no. 17, hal. 9–18, 2018.

F. T. Syifa, G. Prayoga, dan M. A. Amanaf, “Sistem Pengaman Kunci Kontak Sepeda Motor Melalui Android Berbasis NodeMCU ESP8266,” J. Telecommun. Electron. Control Eng., vol. 2, no. 1, hal. 24–34, 2020.

Y. Pratama, D. N. Ramadan, dan T. N. Damayanti, “Perancangan Gps Tracking Untuk Penyewaan Kendaraan Bermotor,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 6, no. 2, hal. 2407–2421, 2020.

I. Syukhron, “Penggunaan Aplikasi Blynk untuk Sistem Monitoring dan Kontrol Jarak Jauh pada Sistem Kompos Pintar berbasis IoT,” Electrician, vol. 15, no. 1, hal. 1–11, 2021.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v4i2.7428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Status


Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Jl. Karimata No. 49 Jember, Jawa Timur Indonesia

Email : elkom@unmuhjember.ac.id