Sistem Management Pendataan Warga RW. 007 Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur

Wahyu Saputro, Untung Surapati, Edhy Poerwandono, Apian Candra Aditya, Seli Amelia, Sony Agustiansyah

Abstract


RW.007 Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur merupakan penyedia layanan masyarakat yang mempunyai kontribusi terhadap menyampaikan pelayanan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. RW.007 merupakan salah satu wilayah yang pencatatan data penduduknya masih menggunakan cara manual. Cara yang masih manual tersebut akan mengakibatkan data tidak akurat kebenarannya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang lebih baik yang dapat membantu di pencatatan data penduduk pada wilayah ini. Sistem berita kependudukan ini didesain dengan maksud untuk memudahkan di pencatatan data serta menerima berita yang akurat. Sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang dikombinasikan dengan Mysql diharapkan dapat membuat pencatatan data lebih akurat. Sumber data yang didapat dari pengumpulan data dikembangkan menjadi sebuah sistem informasi. Metode yang dilakukan menggunakan cara menganalisis proses bisnis dan permasalahan yang terjadi, merancang sistem, mengimplementasikan seluruh kasus kedalam sistem dan melakukan pengujian terhadap sistem itu sendiri. Sistem informasi kependudukan yang dibuat bisa memudahkan petugas dalam mengelola data dan mendapatkan informasi karena sistem informasi ini menyediakan fitur yang lengkap dan mudah dimengerti.

Keywords


Sistem Informasi Pendataan; Kependudukan; PHP; MySQL

References


F. Haswan, “Kelurahan Sungai Jering Berbasis Web Dengan Object,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 2, hal. 92–100, 2018.

W. D. Septiani, “Sistem Informasi Pengelolaan Data Penduduk (Studi Kasus: Rt/Rw Kelurahan Pondok Kacang Timur),” JITK J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 1, hal. 23–28, 2018.

D. Bernadisman, “Sistem Informasi Data Warga Berbasis Web (Studi Kasus: Rt 03/Rw 05 Pada Desa Cilangkap),” J. Vis., vol. 7, no. 2, hal. 57–69, 2021.

U. Nugraha, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, 2017, vol. 5, no. 1, hal. 151–156.

R. T. P. Putra, Anita, dan S. Widodo, “Sistem Informasi Administrasi Data Kependudukan Dan Layanan Publik Berbasis Web,” Din. Dotcom, vol. 9, no. 2, hal. 63–72, 2018.

N. Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru, 2002.

P. Sutopo, D. Cahyadi, dan Z. Arifin, “Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, hal. 23, 2016.

M. Hasbiyalloh dan D. A. Jakaria, “Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapa,” Jumantaka, vol. 1, no. 1, hal. 61–70, 2018.

Tim Redaksi Cemerlang, UUD 1945 & Amandemen. Tangerang: Cemerlang, 2019.

R. A. Sukamto dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Iformatika Bandung, 2014.

A. Subagia, Membangun Aplikasi Web dengan Menggunakan Metode OOP. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.

A. Kristanto, Perancangan sistem informasi dan aplikasinya. Yogyakarta: Yogjakarta Gava Media, 2008.

Y. Sugiarti, Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Sukardi, “Perancangan Sistem Informasi Karyawan pada Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri Berbasis PHP dan MySQL,” Ikraith Ekon., vol. 1, no. 2, hal. 101–105, 2018.

R. Hermawan, A. Hidayat, dan V. G. Utomo, “Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang),” Indones. J. Softw. Eng. Audit, vol. 2, no. 1, hal. 31–38, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v4i2.7309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Status


Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Jl. Karimata No. 49 Jember, Jawa Timur Indonesia

Email : elkom@unmuhjember.ac.id