Pengamanan Transkrip Mahasiswa Menggunakan Kriptografi Playfair Cipher

Ali Muhammad Faadhil, Dadang Iskandar Mulyana, Ghofurur Nawangsah, Lerry Salasi Saptan

Abstract


Jika kita mengkirim pesan ke orang lain, tentu pesan yang dimaksud penting dan kita berusaha untuk menjangkau orang yang tepat secepat mungkin. Pesan yang dikirim tentunya menjadi salah satu hal yang paling penting untuk disampaikan. Untuk memastikan bahwa pesan aman sampai orang yang tepat menerimanya, itu harus dirahasiakan dan tidak dicurigai oleh orang lain. Kombinasi penulisan cipher dengan cipher dapat lebih meningkatkan keamanan pesan, dan teknik cipher yang digunakan dalam penelitian ini adalah playfair cipher. Karena merupakan salah satu cipher sustitusi yaitu setiap huruf pada plainteks diganti dengan huruf dari keyoard. Jumlah karakter dalam kata sandi akan selalu genap. Kata sandi Playfair hanya dapat digunakan untuk  enkripsi dan dekripsi data dalam teks alfaet karakter non-alfanumerik dapat dihindari dengan menuliskannya seagai teks alfaet. Enkripsi dan dekripsi data menggunakan kominasi dua huruf sehingga akan menyulitkan kriptanalis yang menggunakan  analisis frekuensi  untuk memecahkan sandi Playfair. Keyoard hanya digunakan sekali karena  kemungkinan keyoard telah diool oleh pihak yang tidak erwenang.

Keywords


Playfair; chipper; Enkripsi; Dekripsi; Sustitusi

References


M. K. Substitusi, “95-243-1-Pb,” vol. 6, no. 1, 2018.

A. R. Tulloh, Y. Permanasari, and E. Harahap, “Kriptografi Advanced Encryption Standard ( AES ) Untuk Penyandian File Dokumen,” J. Mat. UNISBA, vol. 2, no. 1, pp. 118–125, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4067.

F. M. Ikhsan, “Kriptografi File PDF Dengan Algoritma XTEA ( Algoritma Extended Tiny Encryption Algorthm ),” no. January, 2020.

M. A. Zainuddin and D. I. Mulyana, “Penerapan Algoritma RSA untuk Keamanan Pesan Instan Pada Perangkat Android,” J. CKI SPOT, vol. 9, no. 2, pp. 105–114, 2016.

Y. Anggraini and D. V. S. Y. Sakti, “Penerapan Steganografi Metode End of File ( Eof ) Dan Enkripsi Metode Data Encryption Standard ( Des ) Pada Aplikasi Pengamanan Data Gambar Berbasis Java,” Konf. Nas. Sist. Informasi, STMIK Dipanegara Makassar, no. September 2016, pp. 1743–1753, 2014.

M. Nahak, “Bab Ii Tinjauan Pustaka Dan Landasan Teori,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 21–25, 2017, [Online]. Available: http://www.elsevier.com/locate/scp.

H. R. C. Bawono, “Kriptanalisis pada Algoritma Cipher Algorithm,” Skripsi, pp. 1–123, 2015.

E. Andriana, “Algoritma Enkripsi Playfair Cipher,” Tek. Inform., no. May, pp. 1–5, 2016.

I. Solihin, Mesran, and A. P. U. Siahaan, “Implementasi Algoritma Super Playfair Chipher Dan Two Square Cipher Dalam Pengamanan Pesan Teks,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 195–201, 2017.

R. W. Simbolon, “Cipher Dan Steganografi Dengan Teknik Least Significant Bit ( Lsb ) Protecting the Student Academic Transcript Using Playfair Cipher Cryptography,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 59–70, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v4i1.7117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java