Prototipe Pelipat Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno

Richo Artha Wijaya, M Aan Auliq, Bagus Setya Rintyarna

Abstract


Abstrak - Pekerjaan rumah tangga merupakan pekerjaan yang dilakukan rutin setiap hari dan sangat menyita waktu. Jika ada pekerjaan rumah tangga yang terbengkalai, maka tidak akan merasa nyaman untuk ditinggalkan. Salah satunya dalam hal melipat pakaian yang telah dikeringkan atau dijemur. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya alat pelipat pakaian secara otomatis untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga dalam hal melipat pakaian. Prototipe pelipat pakaian otomatis ini menggunakan mikrokontroler Arduino Uno sebagai kontrol keseluruhan sistem. Sensor infrared berperan sebagai pendeteksi jenis pakaian yang akan dilipat. Servo untuk mengendalikan mekanik pelipat pakaian yang telah terdeteksi oleh sensor infrared. Adanya elemen pemanas sebagai fitur tambahan untuk menghasilkan uap panas terhadap pakaian. Sensor termokopel untuk mendeteksi suhu yang dikeluarkan oleh elemen pemanas (Heater). Hasil dari pembuatan alat didapatkan keberhasilan deteksi jenis pakaian kaos 98%, deteksi jenis pakaian celana 100%, hasil monitoring pada LCD (Liquid Crystal Display) terhadap parameter jenis pakaian dan suhu yang dikeluarkan oleh elemen pemanas sesuai serta hasil waktu rata-rata yang diukur menggunakan stopwatch didapatkan dari 10 kali percobaan pada pelipatan jenis pakaian kaos yaitu 14,28 detik dan didapatkan dari 10 kali percobaan pada pelipatan jenis pakaian celana yaitu 13,53 detik.


Keywords


Melipat pakaian Otomatis; Elemen Pemanas; Sensor Infrared; Mikrokontroler Arduino Uno

References


Bukardi, E. dan Pambudi, W. 2015. Perancangan dan Pembuatan Semi Automatic TShirt Folding Machine Menggunakan Metode Fuzzy Proportional Derivative (FPD). Jurnal Sains dan Teknologi, ISSN 2460-173X.

Candra, Adi Yoga. 2015. (PASEBOS) Pelipat Baju Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Efendi, A. 2014. IBM Rancang Bangun Mesin Pengering dan Setrika Uap Untuk Meningkatkan Produktifitas Kelompok Usaha Laundry. Universitas Sebelas Maret. Jawa Tengah.

Nurcahyo, Abim. 2019. Alat Pelipat Pakaian Otomatis Berbasis Pengendali Mikro. Institut Teknologi Nasional. Malang

Nurkholis, A.M. 2018. F-Cloth Automatic Solusi Cerdas Melipat Pakaian dengan Praktis Berbasis Arduino Uno. Universitas Teknologi Yogyakarta. Yogyakarta.

Rahmat, Basuki. 2019. Rancang Bangun Alat Pelipat Baju Menggunakan Pegas Sebagai Mekanisme Penggerak Manual. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Jawa Barat.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v4i1.5954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java