Rancang Bangun Alat Monitoring Lampu Airfield Lighting (AFL) Double Runway Berbasis Mikrokontroler

Herry Setyawan, Choiril Nafi

Abstract


Sistem pencahayaan pada landasan pacu di bandar udara atau yang dikenal dengan Airfield Lighting System merupakan suatu peralatan bantu pendaratan secara visual yang memiliki fungsi untuk membantu di saat pesawat udara yang akan melakukan takeoff serta landing di landasan pacu dan melakukan taxi agar dapat bergerak secara efisien dan aman. Dalam pengamatan yang dilakukan di Bandara Banyuwangi, proses monitoring kinerja lampu Airfield Lighting (AFL) oleh petugas ATC masih dilakukan secara manual sehingga kurang efektif dan efisien dalam hal waktu untuk proses perbaikan yang dilakukan oleh teknisi bandara. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan perancangan sebuah sistem monitoring kinerja Lampu Airfield Lighting (AFL) berbasis mikrokontroler untuk memonitor operasi nyala lampu AFL dan mengirim notifikasi SMS apabila terjadi kondisi di tiap – tiap lampu posisi putus (off) ke teknisi. Di dalam pembuatan perancangan ini terdapat peralatan utama yaitu mikrokontroler, sensor arus, dan modul GSM SIM800L V.2. Hasil pengujian menunjukkan bahwa lampu Airfield Lighting (AFL) hasil perancangan pada penelitian ini berhasil menyala sesuai konfigurasi lampu Airfield Lighting (AFL) Double Runway dan sensor arus bekerja dengan baik dalam membaca setiap lampu AFL yang putus sesuai dengan jenis (nomor) lampu. Sistem juga berhasil mengirimkan notifikasi SMS ke user (teknisi) sesuai lampu yang putus.


Keywords


Airfield Lighting System; AFL; Sistem monitoring; Notifikasi SMS

References


S. Suhanto, S. Setiyo, K. Kustori, dan P. Iswahyudi, “Rancang Bangun Remote Control Desk Dengan Human Machine Interface Infor U pada Laboratorium Airfield Lighting System (AFL) Simulator,” Pros. SNITP (Seminar Nas. Inov. Teknol. Penerbangan), vol. 1, no. September, 2017.

C. E. Wijaya, Airfield Lighting System pada Bandar Udara Sam Ratulangi Manado. Jakarta: Pertamina University, 2019.

A. R. Ardiansyah, Rancang Bangun Sistem Monitoring Pada AFL (Airfield Lighting System) Menggunakan Sensor Arus ACS712 Berbasis IoT (Internet of Things) Di Bandara Internasional Juanda.

Surabaya: Politeknik Perkapalan Surabaya, 2017.

A. Luwihono, Z. Kurniawati, dan F. E. Firstnanda, “Rancangan Alat Simulasi Tata Letak Dan Konfigurasi Sirkuit Lampu AFL Berbasis Mikrokontroler Di Program Studi Teknik Listrik Bandara Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia,” J. Ilm. Aviasi Langit Biru, vol. 9, no. 2, hal. 21–36, 2016.

Syahrul, Dody, dan S. L. B. Ginting, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Pelatih Afl Bandara Berbasis Android,” Ind. Res. Work. Natl. Semin., 2012.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v3i2.5671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java