Analisa Pengaruh Tidak Langsung Sambaran Petir Terhadap Pesawat Piper Seneca V Menggunakan Metode Bola Bergulir
Abstract
Abstrak - Pesawat Piper Seneca V adalah jenis pesawat latih yang dilengkapi dengan instrumen digital berupa Integrated Avionic System Garmin G1000. Pesawat ini mempunyai kemampuan ketinggian jelajah maksimal 25.000 kaki, dimana wilayah operasi terbangnya tersebut berpotensi untuk terkena sambaran petir. Apabila pesawat tidak terproteksi dengan baik, efek tidak langsung dari sambaran petir akan mengakibatkan gagal fungsi dari instrumen dan kelistrikan pesawat yang mempengaruhi keandalan sistem dan keselamatan penerbangan. Untuk menentukan keandalan sistem perlindungan pesawat, dilakukan penelitian untuk mengetahui wilayah sambaran petir dengan menggunakan metode bola bergulir. Dari penelitian ini diperoleh 6 (enam) wilayah atraktif di pesawat, yaitu wing kiri, wing kanan, fuselage, horizontal stabilizer kiri, horizontal stabilizer kanan, dan rudder. Pada wilayah atraktif tersebut dilakukan pengukuran dan perhitungan resistansi dengan menggunakan bidang tes dan model resistor sehingga diketahui nilai tegangan pada masing-masing wilayah tersebut dan tegangan total adalah masih dibawah tegangan sistem dari pesawat yang bernilai 24 volt. Radius bola bergulir pada masing masing zona atraktif bisa diketahui dengan cara menghitung arus dari tegangan total yang didapat dibagi dengan total resistansi pada masing-masing zona atraktif. Dari nilai arus tersebut diperoleh radius bola bergulir sebenarnya. Probabilitas sambaran petir pada level I sistem proteksi dapat diketahui dengan menhitung luas area sambaran dibandingkan dengan luas total bola bergulir pada wilayah atraktif, sehingga diketahui persentase level perlindungannya. Dengan nilai maksimum adalah 99%.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Tjasyono, B.HK. 2001. “Mikrofisika Awan dan Hujan”. ITB Bandung.
Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan. 2016, “Data Investigasi Kecelakaan Penerbangan”. KNKT Jakarta.
Douglas D. Boyd, 2015. “Causes and risk factors for fatal accidents in non-commercial twin engine piston, General aviation aircraft”, University of Texas, 7777 Knight Road, Houston, TX 77054, United States. Http://dx.doi.org/10.1016/j.aap.2015.01.021
F. A. Fisher and J. A. Plumer, R. A. Perala. 1989, “Aircraft Lightning Protection Handbook”. US Department of Transportation, Federal Aviation Administration, Technical Center, Atlantic City Intenational Airport, NJ 08405. DOT/FAA/CT-89/22.
Department of Defense Interface Standard, “Electromagnetic Environmental Effects Requirements for Systems”. MIL-STD-464. USAF/Aeronautical Systems Center, ASC/ENSI, 2530 Loop Road West, Wright-Patterson AFB, OH 45433-7101.
P. Lalande, A. Delannoy. 2015. “Numerical Methods for Zoning Computation”. AerospaceLab, 2012, p. 1-10. hal-01184414, ONERA France.
Dehn + Söhne, 2015. “Lightning Protection Guide 3rd updated edition”. ISBN 978-3-9813770-1-9
Hans-Dehn-Str. 1 Postfach 1640 92306 Neumarkt Germany
Eran Strod, 2015.”Meeting the DO-160 Lightning Protection Standard”, Atrenne Computing Solutions. Brockton, MA, USA.
RTCA Inc., 2004, “Environmental Conditions and Test Procedures for Airborne Equipment”. 1828 L Street, NW, Suite 805 Washington, DC 20036.
William W. Cooley, 1987, “Determination of Electrical Properties of Grounding, Bonding and FasteningTechniques for Composite Materials” Science & Engineering Associates, Inc.701 Dexter Avenue N., Suite 400Seattle, Washington 98109.
FAA Flight Standards Service, 1998, “Grounding and Bonding”, AC 43.13-1B, DOT/FAA; ATTN: Airworthiness Programs Branch, AFS-610; PO Box 25082; Oklahoma City, OK 73125.
Piper Aircraft, Inc., 2019, “Airplane Maintenance Manual”, Technical Publications 2926 Piper Drive Vero Beach, Florida Piper Aircraft, Inc., 2019,32960 U.S.A.
Piper Aircraft, Inc., 2013, “Pilot Operating Handbook”, ODA-510620-CE, Vero Beach, Florida Piper Aircraft, Inc., 2019,32960 U.S.A.
DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v3i2.5493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Status Indexing Service
Publisher : | Editorial Address : |