Pengolahan Audio Secara Digital Menggunakan TDA7439 Untuk Memperbaiki Respon Suara Sound System

Sofia Ariyani, Dudi Irawan, Muhammad Ainul Wafi

Abstract


Penggunaan sound system pada saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib dalam suatu acara yang berhubungan dengan budaya masyarakat dan acara – acara resmi dalam ruang yang cukup besar. Maka dari itu sound system yang di pakai harus bisa menangani acara-acara tersebut. Dalam sound system membutuhkan sebuah equalizer yang dapat memperbaiki respon suara dengan cara menambah atau mengurangi level frekuensi tertentu agar mendekati suara asli. Dalam suatu situasi terkadang suara yang di hasilkan oleh sound sytem sering menimbulkan feedback akibat salah posisi pada microphone. Maka dari itu peneliti membuat sebuah equalizer digital yang dilengkapi dengan sensor suara yang dapat memperbaiki respon suara dari sound sytem secara otomatis. sensor suara yang di terapkan pada equalizer ini bertugas mendeteksi suara dan di bagi dua oleh rangkaian filter, yaitu High Pass Filter dan Low Pass Filter. Kedua filter ini berfungsi untuk membandingkan level suara dari frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. Apabila salah satu respon frekuensi levelnya tidak sama dengan level sinyal pink noise, maka secara otomatis equalizer akan melakukan penambahan level pada frekuensi tersebut. Pada penelitian ini level pink noise yang di gunakan adalah sebesar -40 dB. Dari hasil penelitian ini equalizer dapat menyamakan level frekuensi rendah dan frekuensi tinggi sesuai dengan program yang di buat.

Keywords


Sound system; Equalizer; Frekuensi; High Pass Filter; Low Pass Filter; Sensor Suara

References


H. Pranjoto, D. Lestariningsih, and A. Suryadinata, “Implementasi Audio Equalizer Digital Grafis dengan Digital Signal Processor Board OMAP-L137,” pp. 1–9, 1997.

N. Metawati, T. Busono, and S. Siswoyo, “Evaluasi Pemenuhan Standar Tingkat Kebisingan Kelas Di Smpn 23 Bandung,” Innov. Vocat. Technol. Educ., vol. 9, no. 2, pp. 145–156, 2017, doi: 10.17509/invotec.v9i2.4863.

B. Wulandari, S. Suparman, D. Santoso, and M. Muslikhin, “Pengembangan Trainer Equalizer Grafis dan Parametris sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Sistem Audio,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 22, no. 4, p. 373, 2016, doi: 10.21831/jptk.v22i4.7835.

A. S. N, Nurussa’adah, and P. Siwindarto, “Sistem Keamanan Pintu Pagar Otomatis Menggunakan Voice Recognition,” J. Mhs. Teub, vol. 2, no. 6, pp. 1–6, 2014, [Online]. Available: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=187608&val=6454&title=SISTEM KEAMANAN PINTU PAGAR OTOMATIS MENGGUNAKAN VOICE RECOGNITION.

S. T. Wahyudi, E. Safrianti, and Y. Rahayu, “Aplikasi Spectrum Analyzer Untuk Menganalisa Frekuensi Sinyal Audio Menggunakan Matlab,” J. Online Mhs. Bid. Tek. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 1–14, 2015.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v3i2.4906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status


UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java