Studi Pengaruh Salinitas Air Laut Sintetis Terhadap Daya Baterai Sebagai Energi Alternatif Terbarukan

Herry Setyawan, Ahmad Nur Kahfi Setiawan

Abstract


Material elektrolit adalah salah satu elemen yang sangat penting untuk menghasilkan daya pada baterai laut. Perpaduan elemen baterai yang optimal akan menghasilkan daya baterai yang optimal juga. Penelitian terhadap salinitas ini dimaksudkan dengan tujuan untuk mengetahui nilai optimal salinitas yang dihasilkan oleh air laut sintetis sebagai energi alternatif, sehingga dapat digunakan sebagai terobosan sumber energi alternatif terbarukan. Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wadah berbentuk balok dengan dimensi volume persel 500 cm3 sebagai tempat elemen baterai. Elektroda dengan panjang = 9 cm dan lebar = 2 cm. Penambahan massa garam secara linier dengan massa 25 gr sampai 225 gr sebagai pembanding nilai salinitas. Nilai salinitas semakin tinggi seiring penambahan massa NaCl. Tetapi korelasi antara salinitas dan daya tidak demikian. Pada korelasi salinitas dan daya diperoleh nilai daya tertinggi sebesar 0,58 watt pada salinitas 74 % dengan menggunakan 4 sel baterai. Terjadi penurunan daya pada salinitas 83 % menjadi 0,36 watt Penurunan daya disebabkan oleh kadar NaCl yang tinggi sehingga aquades tidak bisa menguraikan NaCl menjadi Na (+) dan Cl (-).

Keywords


Salinitas; Sel Baterai; Daya; Energi Alternatif Terbarukan

References


A. Mujadin and S. Rahmatia, “Joule Thief Sebagai Boost Converter Daya LED Menggunakan Sel Volta Berbasis Air Laut,” J. Al-AZHAR Indones. SERI SAINS DAN Teknol., vol. 4, no. 2, p. 52, 2018, doi: 10.36722/sst.v4i2.254.

F. Rismayatika, H. Ikhsanti, and N. R. Tirani, “Identifikasi Perubahan Salinitas Air Di Perairan Sekitar Pembangunan Reklamasi Citraland City Kota Makassar Menggunakan Citra Landsat 8,” no. December, pp. 41–47, 2019.

V. Gloria Nancy Mairy, “Pengantar Ilmu Kelautan dan Oceanografi ‘Salinitas Air Laut,’” Manado, 2019.

M. R. Harahap, “Sel Elektrokimia: Karakteristik dan Aplikasi,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 177–180, 2016, doi: 10.22373/crc.v2i1.764.

Masrufaiyah, “Kinerja Baterai Elektrolit Air Tawar Dan Airl Laut Sebagai Sumber Energi Aplikatif,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v3i1.4163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  View My Status