Analisis Spektrum Tegangan Pada Alat Pendeteksi Kadar Gula Darah Menggunakan Near

Aji Brahma Nugroho, Bagus Setya Rintyarna, Dwi Kemal Athoillah

Abstract


Pengecekan kadar gula darah secara berkala sangat penting dilakukan untuk menjaga kadar gula darah supaya tidak tinggi. Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes melitus. Pengecekan kadar gula darah dapat dilakukan di laboratorium maupun menggunakan alat deteksi kadar gula darah yang portable yang banyak dijual bebas dipasaran. Pengecekan kadar gula darah yang dilakukan di laboratorium atau melakukan pengecekan sendiri menggunakan alat deteksi kadar gula darah portable yang banyak dijual bebas dipasaran masih bersifat invasive (masih melakukan pengambilan sampel darah dengan cara melukai bagian tubuh). Pengecekan dengan cara invasive tidak cocok diterapkan kepada pasien dengan fobia atau ketakutan berlebih terhadap benda – benda tajam dan pasien yang sudah divonis mengidap penyakit diabetes melitus basah karena tidak boleh terdapat luka di bagian tubuh yang dapat menyebabkan infeksi pada bagian tersebut. Metode non-invasive atau pengecekan tanpa melukai bagian tubuh sangat cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut karena metode pengecekan secara non-invasive memanfaatkan sifat serapan near cahaya terhadap media cair. Hasil penelitian spektrum tegangan didapat waktu pengambilan sampling yang paling akurat berada pada waktu 1 detik dan 1,7 detik dengan nilai korelasi tegangan terhadap kadar gula darah sebesar r = - 0.975073445. Rata-rata perbedaan atau error pengukuran menggunakan alat glucometer invasive dengan perhitungan menggunakan input tegangan dengan nilai korelasi tertinggi adalah 1.659 %.

Keywords


Kadar Gula Darah; Non-Invasive; Spektrum Tegangan; Pearson Correlation

References


P. Diabetes, M. Tipe, D. I. Rs, and Q. I. M. Batang, “Hubungan Modifikasi Gaya Hidup Dan Kepatuhan Konsumsi Obat Antidiabetik Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Rs Qim Batang Tahun 2013,” Unnes J. Public Heal., vol. 4, no. 2, pp. 153–161, 2015.

J. Sains, E. Hidayanto, H. Sutanto, and Z. Arifin, “Design of Non-Invasive Glucometer using Microcontroller Jurnal Sains dan Matematika,” vol. 23, no. 3, pp. 78–83, 2015.

O. S. Non-invasive and P. Y. Mallo, “Rancang Bangun Alat Ukur Kadar Hemoglobin dan Oksigen Dalam Darah dengan Sensor,”, "Jurnal Teknik Elektro dan komputer", Vol. 1, No. 1, 2012.

A. K. Umami, Perbedaan Kadar Gula Darah Sebelum Dan Sesudah Senam Diabetes Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Persadia Rumah Sakit Sari Asih Ciputat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Perbedaan Kadar Gula Darah Sebelum Dan Sesudah Senam Diabetes Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Persadia Rumah Sakit Sari Asih Ciputat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi., 2013.

H. Putra and Y. Yulkifli, “Studi Awal Rancang Bangun Colorimeter Menggunakan Sensor Opt101 Berbasis Sistem Android Dengan Display Smartphone,” Komun. Fis. Indones., vol. 16, no. 2, p. 155, 2019.

R. Sundayana, Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: ALFABETA, 2014.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v3i1.3802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java