Prototype Sistem Parkir Bergerak Berbasis IoT Menggunakan Respberry Pi

Sofia Ariyani, Herry Setyawan, Denny Aptagus Dimas

Abstract


Permasalahan ini sering dijumpai ketika kita berkunjung disuatu tempat khusus seperti, mall, apartemen atau kantor-kantor. Kebanyakan tempat parkir pada hari libur menumpuk dan tidak tertata rapi karena tidak dilengkapi akses informasi slot tempat parkir. Melihat permasalahan tersebut, maka tugas akhir ini membahas tentang mengembangkan teknologi akses tempat parkir berbasis mobile apps android yang bertujuan untuk memberikan solusi teknologi tempat parkir yang berupa rancang bangun prototype sistem parkir bergerak berbasis IoT menggunakan respberry pi. Sistem parkir ini mempermudah pengguna parkir untuk mengetahui akses informasi lokasi yang akan dijadikan tempat parkir. Dari sisi keamanan tempat parkir telah di lengkapi dengan pengaman yang hanya dapat dibuka dengan mobile apps android. Prototype menggunakan sensor infra merah yang digunakan untuk mengetahui kondisi slot keadaan kosong atau terisi oleh mobil, motor servo digunakan untuk untuk membuka dan menutup palang pintu, mikrokontroller arduino mega 2560 disini adalah sebagai pusat panel yang menerima kondisi hasil pembacaan sensor dari beberapa slot tempat parkir, raspberry pi sebagai pengolah informasi yang kemudian ditampilkan terhadap apps android, IoT (Internet of Things) di gunakan untuk raspberry pi mentransfer data ke apps android begitu juga sebaliknya. Selain prototype juga dihasilkan aplikasi android yang dimana digunakan untuk mendukung kerja prototype tersebut. Pada aplikasi android ini terdapat fitur-fitur seperti menu home, menu riwayat, menu parkir, menu akun, dan menu untuk login. Dengan cara pengujian integrasi antara mobile apps android dengan prototype tempat parkir di dapatkan waktu rata rata akses pintu masuk membutuhkan waktu 1.58 menit dan waktu rata rata akses pintu keluar memerlukan waktu 2.48 menit. Rata rata waktu respon pengguna kolom parkir memerlukan waktu 2.52 menit.

Keywords


sistem parkir; slot tempat parkir; raspberry pi; prototype; aplikasi android.

References


Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas”, [Online]. Available: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Parkir. [Accessed 10 Oktober 2019].

Arduino, “Arduino Mega 2560 | Famosa Studio Blog”, [Online]. Available: https://blog.famosastudio.com/2013/09/produk/arduino-mega-2560/531. [Accessed 10 Oktober 2019].

Arifzakariya, “Komunikasi Serial Mikrokontroler – Doa untuk Putraku”, [Online]. Available: https://arifzakariya.blog.ugm.ac.id/2012/01/09/komunikasi-serial-mikrokontroler/. [Accessed 10 Oktober 2019].

Respberry pi, “Pengetahuan Dasar dan Pemrograman Raspberry Pi”, [Online]. Available: https://pccontrol.wordpress.com/2014/06/17/pengetahuan-dasar-dan-pemrograman-respberry-pi/. [Accessed 10 Oktober 2019].

Rayenvp97, “SENSOR INFRAMERAH | Coretan Tanganku”, [Online]. Available: https://rayendente.wordpress.com/2015/03/26/sensor-inframerah/. [Accessed 10 Oktober 2019].

Fadjar Efendy Rasjid, “Android: Sistem Operasi Pada Smartphone”, [Online]. Available: https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/7/Android--Sistem-Operasi-pada-Smartphone.html. [Accessed 10 Oktober 2019].

Lcd, “Penampil kristal cair – Wikipedia bahasa Indonesia”, [Online]. Available: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Penampil_krital_cair. [Accessed 10 Oktober 2019].

Dewaweb, “Internet of Things: Panduan Lengkap - Dewaweb”, [Online]. Available: https://www.dewaweb.com/blog/internet-of-things/. [Accessed 10 Oktober 2019].




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v2i2.3438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status


UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java