Kontrol Kecepatan Motor BLDC Menggunakan Cuk Konverter

Mohamad Akbar Mukti, Thoriqul Huda, Dzulfiqar Julda, Achmad Handoko Andreansyah, Belly Yan Dewantara, Istiyo Winarno, Iradiratu Diah Prahmana K.

Abstract


Motor Brushless Direct Current (BLDC) merupakan motor DC tanpa penggunaan sikat sehingga efisiensi pemakaian lebih tinggi, dibantu dengan adanya konverter tegangan DC dapat dikontrol dan diubah untuk mencapai efisiensi. Sejatinya kecepatan motor DC berubah ubah dan tidak terkontrol sehingga mempengaruhi kinerja beban. Pada penelitian ini cuk konverter digunakan sebagai pengkontrol kecepatan motor BLDC. Cuk konverter dapat mengontrol kecepatan motor BLDC dengan mengatur tegangan output dari motor DC, Skema penelitian yang dilakukan  disimulasikan ke dalam program PSIM dan perbandingan kinerja sistem tak terkontrol dan sistem terkontrol. Dengan merancang cuk konverter terkontrol, dapat mengatur kecepatan motor DC secara otomatis dengan acuan kecepatan referensi yang telah ditetapkan pada berbagai variasi pembebanan. Sehingga kecepatan dapat dipertahankan meskipun dengan berbagai nilai pembebanan. Dari percobaan sistem terkontrol tidak terjadi overshoot karena dapat diredam oleh sistem PID sehingga tidak terjadi lonjakan kecepatan pada motor BLDC itu sendiri. Hal ini membuktikan bahwa Cuk Konverter dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan motor dan menekan laju overshoot.


Keywords


Cuk Konverter; Motor BLDC; Kontrol kecepatan

References


Ardiansyah, M. D. & Rohman, F., 2019. Implementasi dan Analisis Kendali Kecepatan Motor BLDC 1 kW Menggunakan Algoritma PID. Jurnal ELTEK, Oktober, XVII(02), pp. 81-93.

Dodke, A., R.G.Shriwastava & K.N.Sawalakhe, 2015. Design and Control of CUK Converter FED Brushless DC Motor Drive. Journal of Network Communications and Emerging Technologies, Volume 3(2).

Mulyana, D., A, I. Y. & AS, N. M., 2019. Pengaturan Kecepatan Motor Brushless DC menggunakan Cuk Konverter. Seminar Nasional Fortei Regional 7.

Putra, H. P., Suryoatmojo, H. & Anam, S., 2016. Perbaikan Faktor Daya Menggunakan Cuk Converter pada Pengaturan Kecepatan Motor Brushless DC. Jurnal Teknik ITS, Volume 5(2).

Rosalina, Qosim, I. & Mujirudin, M., 2017. Analiasa Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Kontrol PID (Proportional Integral Derivative). Seminar Nasional TEKNOKA, Volume II, pp. 89-94.

Safii, M. I. et al., 2019. ANALISA PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN BUCK BOOST KONVERTER. Implementasi Hasil Riset Sumber Daya Laut dan Pesisir Dalam Peningkatan Daya Saing Indonesia, 11 Juli.

Shirahata, K., t.thn. Speed Control Methods of Various Types of Speed Control Motors. ORIENTAL MOTOR, pp. 1-9.

Susanto, B. K., 2017. Desain dan Implementasi Konverter Cuk dengan Induktor Terkopel untuk Reduksi Ripple Arus Masukan. Surabya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Wicaksono, H. & Pramudijanto, J., 2004. Kontrol PID Untuk Pengaturan Kecepatan Motor DC Dengan Metode Tunning Direct Synthesis. Jurnal Teknik Elektro, IV(1), pp. 10-17.

Wiriawan, A. R. J. & Irawan, A., 2016. Pengaturan Kecepatan Motor DC dengan Kontrol Proporsional Integral Derifatif (PID) berbasis LabView. TELEKONTRAN, IV(2), pp. 13-23.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v2i2.3386

Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java