Prototipe Sistem Otomasi Gerbang Irigasi Dengan Implementasi Mikrokontroler Berbasis IoT

Hari Sukmono, Sutikno Sutikno, Nanda Kurnia Wardati

Abstract


Irigasi adalah usaha untuk menyalurkan air dengan membuat bangunan dan saluran untuk mengalirkan air guna keperluan pertanian, membagikan air ke sawah dan ladang dengan cara yang teratur dan membuang air yang tidak diperlukan lagi. Proses irigasi yang dilakukan masih secara konvensional, karenanya perlu ditambahkan teknologi untuk mempermudah kinerja dan pemantau dengan mengembangkan sistem irigasi yang dikontrol secara otomatis oleh mikrokontroler dengan menambahkan sensor water flow sebagai pengukur debit air dan sensor ultrasonik untuk mengetahui tinggi air. Pada prototipe irigasi air menggunakan mikrokontroller Arduino Uno dan Wemos sebagai pemroses pada bagian perangkat dan terhubung ke Aplikasi Smartphone Android melalui koneksi internet atau biasa disebut dengan IOT (Internet Of Things), IOT memungkinkan aplikasi dapat terhubung pada semua perangkat untuk melakukan pengiriman data informasi ke petugas irigasi, sesuai dengan jadwal permintaan masyarakat kapan air itu dialirkan. perangkat bekerja berdasarkan jadwal yang telah ditentukan pada aplikasi android yang selanjutnya disimpan pada server untuk dibaca pada mikrokontroller, setelah perangkat selesai melakukan irigasi sesuai dengan jadwal, perangkat mengirimkan notifikasi pada Aplikasi dan mengirimkan data debit air serta tinggi air. Pada pengujian pengiriman data diperoleh rata-rata waktu untuk pengiriman data selama 1287 ms.

Keywords


Otomasi Irigasi; Wemos; Water Flow; Internet Of Things

References


Ahmad., R. dan Mahpuz. 2018. Perancangan Prototipe Sistem Kontrol Pintu Air Irigasi Berbasis Android dan Jaringan Nirkabel. INFORMATIKA dan TEKNOLOGI: 2(1).

Firmansyah., T. Alfanz., R. Suwandidan., WB. 2016. Rancang Bangun Low Power Elektric Surgery (Pisau Bedah Listrik) Pada Frekuensi 10 KHz. 5(1).

Indianto., W. Kridala., AW. danYulianto. 2017. Perancangan Sistem Prototipe Pendeteksi Banjir Peringatan Dini Menggunakan Arduino dan PHP. Samarinda. INFORMATIKA MELARWAN: 12(1).

Nif’an., A. 2016. Purwarupa Kendali Kanal Irigasi Sawah Terjadwal Berbasis Mikrokontroler Atmega328. Diterbitkan. Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta.

Badaruddin. 2017. Panduan Praktikum Debit Air. Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Banjarmasin.

Saberan, dkk. 2018. Rancang Bangun Prototipe Buka Tutup Pintu Bendungan Otomatis Berbasis IOT Menggunakan SMS Gateway. Banjarmasin. POROS TEKNIK: 10(1).

Utomo., DS. 2018. Product Price display Using Wemos. Diterbitka. Skripsi. Fakultas Teknologi dan Informatika Institut Bisnis. Stikom Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v2i1.3133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java