Analisis Pengaruh Booster RC832 Terhadap Kualitas Citra Drone First Person View (FPV) Menggunakan Parameter SINPO

Mochammad Rifqi Mubaarak, Leonardus Sandy Ade Putra, Fitri Imansyah

Abstract


Drone First Person View (FPV) adalah suatu drone yang mendukung untuk menampilkan citra sebagai sudut pandang orang pertama dalam penerimaannya, dalam penerimaan tersebut dapat menggunakan Virtual Reality (VR) ataupun dengan menggunakan monitor yang dapat menampilkan citra. Perlunya sebuah drone yang dapat menampilkan citra sudut pandang orang pertama (first person view) sebagai salah satu inovasi dalam mengembangkan teknologi drone, akan tetapi dengan adanya inovasi ini turut mendorong juga untuk dilakukan inovasi pada penguatan citra yang di transmit oleh drone FPV dan di receive oleh monitor 5,8 GHz. Semakin jauh jarak antara pemancar drone dengan penerima monitor akan memperbesar kemungkinan sinyal untuk melemah, ini dapat menyebabkan hilangnya citra yang dikirimkan drone ataupun menghasilkan gambar yang kurang baik dari Drone FPV. Penerimaan citra drone yang buruk dapat dipengaruhi oleh banyak hal yang didapatkan seperti adanya interferensi dari frekuensi yang berdekatan, terdapat noise ataupun kanal propagasi yang buruk atau adanya gangguan fading yang disebabkan tidak stabilnya sinyal dipengaruhi oleh berbagai kondisi seperti pada kondisi Line Of Sight (LOS) dan Non Line Of Sight (NLOS). Kualitas hasil penerimaan citra Drone FPV yang diterima oleh Monitor FPV LCD 5802S mendapatkan hasil yang optimal dalam penggambaran citra pada Channel A7 dengan frekuensi 5745 MHz dengan nilai SINPO yaitu 55545 yang artinya lebih baik dengan ditambahkannya Booster RC832 pada monitor menghasilkan sinyal yang lebih stabil serta lebih kuat dari sebelumnya.


Keywords


First Person View (FPV); Drone; SINPO; Interferensi; Kualitas Sinyal

References


M. Mursalim, “Penumbuhan Budaya Literasi Dengan Penerapan Ilmu Keterampilan Berbahasa (Membaca Dan Menulis),” J. Cult. Arts, Lit. Linguist., vol. 3, no. 1, pp. 31-38, 2017.

R. Nugraha, N. Tjahjamooniarsih, F. Imansyah, and J. Teknik Elektro, “Analisis Pengukuran Dan Penilaian Kualitas Penerimaan Siaran Radio Fm Pada Kawasan Perbatasan Kalimantan Barat,” J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2018.

L. F. Viera Valencia and D. Garcia Giraldo, “Pengaruh Inovasi Antena Pada Siaran Televisi Mobil,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), vol. 2, no.2, pp. 1-7, 2019.

S. Sinambela et al., “Analisis penguat daya terima antena yagi omnidirectional terhadap pengamatan siaran televisi menggunakan dua perbandingan booster,” Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), vol.6, no.1, pp. 2018.

T. Aminullah, “Rancang Bangun Drone Pembersih Sampah Menggunakan Arduino Uno Sebagai Pengendali Utama,” Surabaya: Universitas Dinamika,2020.

D. Lcd, S. Receiver, T. Manual, and I. F. Any, “RX-LCD5802 DATASHEET”.

M. N. Kusumah, F. Imansyah, and R. R. Yacoub, “Analisis QOS dan SINPO untuk layanan audio video pada jaringan indihome di kota Sanggau,” Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), vol.11, no. 1, pp. 1-11, 2022.

P. Utomo et al., “Analisis SINPO terhadap kualitas aplikasi video conference di kawasan masjid kapal munzalan kabupaten Kubu Raya,” Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), vol.11, no. 1, pp. 1–8, 2023.

I. Suroso, “Peran Drone/Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Buatan STTKD dalam dunia penerbangan,” 2016

M. I. Ardiansyah, “Hubungan Jenis Monitor Dengan Kelelahan Mata Pada Kegiatan Praktikum di Laboratorium Komputer Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga,” Integr. Lab, vol. 4, no. 1, pp. 119–124, 2016.

N. D.P., F. Imansyah, D. Suryadi, R. r Yacoub, and J. Marpaung, “Studi Komperatif Jaringan WI-FI Dengan Paket Data Seluler Terhadap Kualitas Layanann Video Call,” Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), vol.10, no. 1, pp. 1-10, 2020.

Martripagelardo, S. Dedy, F. T. P. W, F. Imansyah, and J. Marpaung, “Identifikasi Penerimaan Sinyal Antena Digital Untuk Televisi Menggunakan Metode Sinpo,” Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), vol.10, no. 1, pp. 1-10, 2019.

M. Alaydrus, “Antena: Prinsip dan Aplikasi,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Nurmalia, “Pengukuran Interferensi Pada Access Point (AP) Untuk Mengetahui Quality of Service (QoS),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol.1, no.1, pp. 17-21, 2018.

M. R. Pratama, Dasril, and F. Imansyah, “Analisis pengukuran dan penilaian kualitas penerimaan siaran radio FM menggunakan Field Strength pada daerah sub urban Kabupaten Sanggau,” Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), vol.7, no. 1, pp. 1-10, 2019.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v6i1.22417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java