Pemanfaatan Teknologi IoT pada Smart Farming Microgreen dan Akuisisi Data

Rico Wahyu Laksana, Bagus Setya Rintyarna, Aji Brahma Nugroho

Abstract


Microgreen adalah tanaman kecil dengan pertumbuhan lebih lama dan daun yang lebih besar dan hijau. Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan pertumbuhan cepat, budidaya microgreen memerlukan pemantauan lingkungan yang tepat. Saat ini, banyak budidaya microgreen masih dilakukan secara manual dan rentan terhadap kesalahan serta ketidakteraturan perawatan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu pemanfaatan Internet of Things (IoT) untuk mengatasi masalah ini. IoT memungkinkan pengiriman data tanpa interaksi manusia dan dapat digunakan untuk kontrol dan pemantauan tanaman secara jarak jauh. Pada penelitian ini, teknologi IoT pada smart farming microgreen dirancang dengan menggunakan mikrokontroler ESP32 untuk sistem monitor dan kontrol yang memuat parameter suhu ruangan, kelembaban udara, kelembaban media tanam yang dilengkapi dengan kendali ON/OFF pada Cooling System, LED, speaker dan water pump. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara keseluruhan, sistem berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu mempertahankan nilai suhu diantara 25-27℃. Selain itu, ketika mencapai angka 60% maka pompa akan aktif dan mulai membasahi media tanam hingga mancapai angka 40%, serta scheduling LED dan MP3 Player juga berjalan sesuai dengan yang diinginkan.


Keywords


Internet of Things; Microgreen; Smart Farming

References


H. Valupi, Rosmaiti, dan Iswahyudi, “Pertumbuhan Dan Hasil Microgreens Beberapa Varietas Pakcoy (Brassica rapa . L) Pada Media Tanam Yang Berbeda,” in Seminar Nasional Fakultas Pertanian Universitas Samudra Ke-VI, 2021, hal. 1–13.

M. Andrianto, “Penerapan Iot Pada Perawatan Tanaman Di Dalam Rumah,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, hal. 173–180, 2019.

R. H. Hilmy, R. Susana, dan F. Hadiatna, “Rancang Bangun Smart Grow Box Hidroponik Untuk Pertumbuhan Tanaman Microgreen Berbasis Internet of Things,” Power Elektron. J. Orang Elektro, vol. 10, no. 2, hal. 41–47, 2021.

I. Maulidiyah, M. W. Lestari, dan S. A. Mardiyani, “Pengaruh Aplikasi Perendaman Berbagai Jenis Media Tanam dengan Beberapa Pupuk Cair Terhadap Kualitas dan Tingkat Kesukaan Konsumen Microgreen Wheatgrass (Triticum aestivum L) Indah,” J. Folium, vol. 6, no. 2, hal. 118–126, 2022.

C. Kaiser dan M. Ernst, “Babyveggies,” Cent. Crop Diversif., vol. 1, no. 1, hal. 1–3, 2017.

S. Saputra, A. Jaenul, dan A. Olivia, “Prototype Sistem Monitoring Dan Controlling Budidaya Microgreen Dengan Menggunakan Website Berbasis Internet Of Things (IoT),” J. Media Elektro, vol. XI, no. 2, hal. 178–188, 2022.

M. . Fahlevi dan H. Gunawan, “Perancangan Sistem Pendeteksi Banjir Berbasis Internet of Things,” It (Informatic Tech. J., vol. 8, no. 1, hal. 23–29, 2021.

Wilianto dan A. Kurniawan, “Sejarah , Cara Kerja Dan Manfaat Internet Of Things,” J. MATRIX, vol. 8, no. 2, hal. 36–41, 2009.

A. A. Wicaksana, A. T. Mulyani, N. Suranti, dan M. Sukmah, “Penerapan Teknologi Tepat Guna Penyiraman Otomatis Menggunakan Capacitive Soil Moisture Sensor pada Taman Tanaman Obat Keluarga ( TOGA ) Desa Gedangan,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 2, hal. 150–163, 2023.

A. H. Saptadi, “Perbandingan Akurasi Pengukuran Suhu dan Kelembaban Antara Sensor DHT11 dan DHT22,” J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 6, no. 2, hal. 49–56, 2014.

P. Puspasari, T. P. Satya, I. Oktiawati, Unan Yusmaniar Fahrurrozi, dan H. Prisyanti, “Analisis Akurasi Sistem Sensor DHT22 berbasis Arduino terhadap Thermohygrometer Standar,” J. Fis. dan Apl., vol. 16, no. 1, hal. 40–45, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v5i2.20995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java