Rancang Bangun Prototipe Smart Greenhouse Berbasis IoT Untuk Mengontrol Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L)

Muhammad Brian Fatkhul Yaqin, Bagus Setya Rintyarna, Herry Setyawan

Abstract


Jumlah penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya mengakibatkan kebutuhan akan bawang merah juga semakin meningkat sehingga petani harus terus meningkatkan produksi bawang merah baik dalam aspek kuantitas maupun kualitas. Agar dapat tumbuh dengan baik, bawang merah harus ditanam pada suhu dan kelembaban tanah yang sesuai. Pemberian nutrisi dan obat (fungisida) juga akan berpengaruh penting terhadap keberhasilan pertumbuhan bawang merah. Namun sering kali petani bawang merah dihadapkan pada beberapa masalah yang muncul seperti cuaca ekstrim yang berdampak buruk pada pertumbuhan tanaman bawang merah. Selain itu pemberian nutrisi dan obat yang tidak teratur dan tidak terkontrol juga mengakibatkan tanaman bawang merah tidak tumbuh dengan baik sehingga produksi semakin menurun. Berdasarkan hal tersebut maka pada penelitian ini dilakukan pembuatan prototipe smart greenhouse berbasis Internet of Things (IoT) untuk sistem monitoring dan kontrol pertumbuhan tanaman bawang merah. Pada greenhouse ini, aktivitas pengontrolan suhu, penyemprotan, pengairan, dan pemberian obat dapat dilakukan secara otomatis sehingga mempermudah pekerjaan para petani bawang merah. Komponen yang dipakai pada sistem yaitu mikrokontroler arduino dan ESP32,  sensor DHT22 sebagai pengatur suhu, sensor soil moisture Yl-69 sebagai pengontrol kelembaban tanah, sensor pH tanah untuk mengontrol nutrisi yang ada pada tanah, RTC DS3231 untuk penjadwalan penyemprotan, dan servo sg-90 untuk pemberian obat, dan seluruh data dapat diakses melalui aplikasi Blynk. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa error sensor DHT22 memiliki rata rata 0,5%, error soil moisture berada pada nilai 0,8% dan error pada sensor pH berada pada nilai 0,36%. Hal ini mengindikasikan bahwa prototipe greenhouse untuk bawang merah dapat bekerja dengan baik.


Keywords


Bawang Merah; Smart Greenhouse; Internet of Things; Prototipe

References


L. N. Zamaniah, T. Handayani, dan R. Saraswati, “Pengaruh Hujan Ekstrem Terhadap Produktivitas Bawang Merah Di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2018, 2018, hal. 173–183

E. Iriani, “Prospek Pengembangan Inovasi Teknologi Bawang Merah Di Lahan Sub Optimal (Lahan Pasir) Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani,” J. Litbang Provinsi Jawa Teng., vol. 11, no. 2, hal. 231–243, 2013.

I. W. R. Aryanta, “Bawang Merah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan,” Widya Kesehat., vol. 1, no. 1, hal. 29–35, 2019.

B. Baswarsiati dan C. Tafakresnanto, “Kajian Penerapan Good Agricultural Practices (GAP) Bawang Merah Di Nganjuk Dan Probolinggo,” Agrika, vol. 13, no. 2, hal. 147–161, 2019.

G. M. Putra dan D. Faiza, “Pengendalian Suhu, Kelembaban Udara dan Intensitas Cahaya Pada Greenhouse Untuk Tanaman Bawang Merah Menggunakan Internet of Things ( IoT ),” Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, hal. 11404–11419, 2022.

A. Rukmana, H. Susilawati, dan Galang, “Pencatat pH Tanah Otomatis,” J. Penelit. dan Pengemb. Tek. Elektro Telekomun. Indones., vol. 10, no. 1, hal. 25–32, 2019.

S. A. Fauziah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Dan Kontroling Tanaman Bawang Merah Berbasis Internet of Things,” Makassar: Universitas Hasanuddin, 2022.

R. Saputra, “Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Greenhouse Tanaman Bawang Merah Berbasis IoT,” J. Perenc. Sains Teknol. dan Komput., vol. 4, no. 1, hal. 981–990, 2021.

R. D. Rima, W. Wildian, dan N. Firmawati, “Rancang Bangun Prototipe Sistem Kontrol pH Tanah Untuk Tanaman Bawang Merah Menggunakan Sensor E201-C,” J. Fis. Unand, vol. 7, no. 1, hal. 63–68, 2018.

Y. S. Defriyadi, “Pengendali Intensitas Cahaya, Suhu, Dan Kelembapan Pada Rumah Kaca Dengan Metode PID,” Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2014.

F. Anisyah, R. Sipayung, dan C. Hanum, “Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah Dengan Pemberian Berbagai Pupuk Organik,” J. Online Agroekoteknologi, vol. 2, no. 2, hal. 482–496, 2014.

A. M. Baharudin, K. Suhada, dan Y. Yudiana, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Trafo Online Menggunakan Aplikasi Whatsapp Berbasis Iot Studi Kasus Pada Gardu Induk PLN 150KV Mekarsari,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 17, no. 3, hal. 135–145, 2022.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v6i1.20697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java