Rancang Bangun Sistem Pengendalian Kualitas Kondisi Ruangan Ideal Berbasis Arduino Uno Dengan Metode Fuzzy logic

Suhud Dede Nursyahuda, Balok Hariadi

Abstract


Pencemaran udara dalam ruangan menjadi penyebab dari berbagai penyakit.Aspek terbanyak pemicu buruknya mutu hawa dalam ruang merupakan ketidak lancaran perputaran hawa serta terdapatnya zat polutan. Polutan sendiri dipecah jadi 3 tipe ialah polutan kimia, polutan raga, polutan biologis. Dari tiga jenis polutan tersebut polutan fisik yang menjadi masalah di lingkungan kerja proyek. Salah satu contohnya adalah asap rokok, dikarenakan banyak pekerja yang masih banyak merokok didalam ruangan tertutup. Di indonesia perokok aktif nyaris menggapai 61,4 juta jiwa, perihal ini berbanding lurus dengan perokok pasif ataupun orang lain yang terpapar asap dari perokok aktif. Telah semestinya perihal ini mengkhawatirkan untuk kesehatan sebab rokok memiliki bermacam berbagai zat yang menggangu kesehatan. Terlebih orang yang tidak merokok terserang akibat dari menghisap asap rokok. Begitu juga dengan temperatur udara didalam ruangan dalam menjaga kenyamanan saat bekerja maupun beristirahat. Berdasarkan masalah tersebut, maka di buat rancangan sistem pengendalian kualitas kondisi ruangan yang menggunakan metode fuzzy logic berbasis arduino. Hal ini dilakukan dengan mengatur kecepatan kipas yang di jalankan dengan AC dimmer module sesuai kadar udara yang terdeteksi pada sensor MQ-7 dan sensor suhu LM35. Hal ini diharapkan  dapat menjaga kualitas udara yang ada didalam ruangan.

Keywords


Sensor MQ-7; Sensor LM35; Arduino UNO; AC Dimmer Module; Fuzzy Logic

References


G. C. Ulaan, V. C. Poekoel, dan A. H. J. Ontowirjo, “Pembuatan Aplikasi Sistem Monitoring Kualitas Udara Dalam Ruangan,” J. Tek. Inform., vol. 17, no. 1, pp. 93-104, 2022.

Supriyanto dan R. Sirait, “Perancangan Sistem Pengaturan Sirkulasi Udara Pada Area Workshop Berbasis Mikrokontroler,” Jurnal Maestro, vol. 2, no. 1, pp. 246-255, 2019.

D. W. Nurjanah, H. H. Handayani, dan A. R. Juwita, “Rancang Bangun Pendeteksi dan Penetralisir Asap Rokok Dalam Ruangan Menggunakan Sensor Mq-2 dan Metode Fuzzy logic,” Scientific Student Journal for Information, Technology and Science, vol. IV, no. 1, pp. 7-14, 2023.

R. A. Gustavia and E. Nurraharjo, “Rancang Bangun Sistem Multiple Warning Deteksi Asap Rokok,” Pros. SINTAK 2018, pp. 278–282, 2018.

Wirto, E. Fatkhiyah dan R. Y. Rachmawati, “Sistem Informasi Untuk Mendeteksi Dan Monitoring Kawasan Bebas Rokok Menggunakan Sensor Mq7 Dan Arduino Berbasis Mobile,” Jurnal SCRIP, vol. 9, no. 2, pp. 110-120, 2021.

R. Irine V.R, A. A. A, and A. K. Dewi, “Prototipe Pengendalian Temperature Ruangan Dengan Metode Logika Fuzzy,” Sntem, pp. 1158–1166, 2021.

A. Setiawan, B. Yanto, and K. Yasdomi, Logika Fuzzy Dengan Matlab. Denpasar: Jayapangus Press. 2018.

Azizah dan Fauziah, “Implementasi Logika Fuzzy dalam Mengoptimalkan Persediaan Barang dengan Metode Mamdani,” STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 5, no. 1, pp. 20-27, 2020.

C. Moler and J. Little, “A history of MATLAB,” Proc. ACM Program. Lang., 2020.

A. A. Marzuki, “Rancang Bangun Sistem Smart Home Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” J. Elektro, p. 75, 2017.

S. Hadi, R. P. M. D. Labib, dan P. D. Widayaka, “Perbandingan Akurasi Pengukuran Sensor LM35 dan Sensor DHT11 untuk Monitoring Suhu Berbasis Internet of Things,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol, vol. 6, no. 3, pp. 269-278, 2022.

D. Latupeirissa, V. A. Suoth, dan H. S. Kolibu, “Rancang Bangun Alat Ukur Suhu Dan Kadar Alkohol Menggunakan Sensor Lm35 Dan Sensor MQ-3,” Jurnal Ilmiah Sains, vol. 15, no. 2, pp. 81-87, 2015.

R. Ramdani, Marisa, and C. Carudin, “Implementasi Kendali Intensitas Cahaya Lampu dengan Internet of Things Berbasis Arduino Uno menggunakan Metode Fuzzy logic,” J. Teknologi. Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 51-58, 2021.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v6i1.20086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java