Rancang Bangun Mesin Pompa Cairan Digital Untuk UMKM Kedai Teh

Ronald Milano, Balok Hariadi

Abstract


UMKM merupakan salah satu pendorong perekonomian Indonesia yang dinilai sangat efektif menuntaskan kemiskinan, salah satu contoh UMKM yang banyak berkembang di masyarakat sekarang adalah minuman maka dari itu dengan banyaknya usaha dan minat masyarakat. Dengan adanya hal tersebut membuat pelaku UMKM harus melakukan hal yang menarik untuk menarik minat pembeli, dengan mekanisme dimana pembeli bisa melakukan input nominal dan mesin akan memproses dan mengeluarkan minuman dengan jumlah takaran yang sesuai dengan yang dipesann pada penerapannya pelaku usaha bisa melayani dengan cepat karena bisa dilakukan Self Service (Pelayanan Mandiri). Maka dari permasalahan tersebut maka penulis mempunyai ide dengan membuat alat yang mempunyai prinsip seperti mesin pompa bensin yang ada pada SPBU dengan desain yang kecil dan ringkas sehingga mudah untuk dipindahkan yang diharapkan dapat membantu pelaku UMKM yang pada penulisan Tugas Akhir ini berfokus pada UMKM Kedai Teh. Pada pembuatan mesin ini alat – alat utama yang digunakan antara lain adalah Arduino Uno sebagai mikrokontroller yang mengatur semua proses, Flow Sensor yang menghitung jumlah cairan yang keluar yang telah dilalui dan Pompa Air sebagai alat pendorong cairan tersebut untuk dipindahkan didukung dengan Relay Module untuk kontrol penghubung dengan Arduino Uno, Keypad 4x4 untuk input nominal dan kontrol pengguna, LCD 20x4 Sebagai penampil data ketika proses masukan dan proses pengisian yang didukung dengan menggunakan modul I2C untuk meringkas kabel agar lebih rapi. Dengan adanya alat ini maka diharapkan pekerjaan pemilik UMKM Kedai Teh akan lebih terbantu.

Keywords


Arduino; Digital; Flow Sensor; Pompa Air; UMKM

References


A. Devi Ariani, H. Aida Vitria, N. Hasanah, U. Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, and I. Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA UMKM MINUMAN CAPPUCINO CINCAU ABUDE DI BANJARMASIN,” 2021.

S. Mas’ula, M. Laviola, and T. Novellita, “Branding dan Digital Marketing untuk Pengembangan Umkm,” 2021.

Ikhwan A, Hartati S, Hasanah U, and Lestari M, “Pemanfaatan Teh Bunga Telang (Clitoria Ternatea),” pp. 1–7, 2022.

W. Saputra et al., “DBE METER UNTUK PENAKAR BENSIN ECERAN DBE METER FOR RETAIL GASOLATOR,” 2018, [Online]. Available: http://journalbalitbangdalampung.org

P. Megantoro, D. A. Husnan, M. U. Sattar, A. Maseleno, and O. Tanane, “Validation method for digital flow meter for fuel vendors,”, Mar. 2020, doi: 10.18196/jrc.1210.

H. Supriyanto, A. Rohman, H. Martawireja, J. O. Manufaktur, D. Mekatronika, and P. Manufaktur Bandung, “Analisis Kontrol Aliran Fluida Bervikositas Tinggi dengan Sensor Flow YF-S201 pada Otomatisasi Dispenser Minyak Goreng,” Jurnal Teknologi Terapan) |, 2021.

M. Reza Al and M. S. Nawa B, “PROTOTIPE ALAT UKUR VOLUME CAIRAN PORTABEL DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN TURBINE FLOW SENSOR PROYEK AKHIR Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan tahap Pendidikan D3 pada Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi Akademi Metrologi dan Instrumentasi Oleh,” 2020.

A. Anggara, A. Rahman, and A. Mufti, “Rancang Bangun Sistem Pengatur Pengisian Air Galon Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega328P,”, 2018.

D. Yendri, “Pengendali Pompa Pengisi Galon Air Berbasis Sensor Waterflow Dan Mini PC,” vol. 1, pp. 106–113, 2017.

M. Yusman and A. H. Purnama, “Prototipe Sistem Otomasi Pada Pengisian Depot Air Minum,” 2021.

J. Dalle, M. Tamjidi, and S. Y. Syafruddin, “Implementation of Water Debit Measurement Using Microcontroller-Connected Flow Meters,” TEM Journal, pp. 1467–1474, Nov. 2020.

J. A. Nerkar, A. B. Patil, D. B. Pawar, P. K. Karpe, K. T. Langote, and B. S. Patil, “WATER ANALYSIS,” International Research Journal of Engineering and Technology, 2020.

S. S. Mulik, A. D. Patange, R. Jegadeeshwaran, S. S. Pardeshi, and A. Rahegaonkar, “Development and experimental assessment of a fluid flow monitoring system using flow sensor and arduino interface,” in Lecture Notes in Mechanical Engineering, Springer Science and Business Media Deutschland GmbH, 2021.

M. Tahir, “Measuring water Flow Rate and Volume using Arduino and Flow Sensor,” 2021.

J. Lalnunthari and H. H. Thanga, “Dependence of hall effect flow sensor frequency on the attached inlet and outlet pipe size,” 2017 IEEE International Conference on Consumer Electronics-Asia (ICCE-Asia), 2017.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v5i2.19781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java