Prototipe Pemindah Wesel Kereta Berbasis RFID dan Mikrokontroler Arduino Uno

R. Akbar Nur Apriyanto, R. Gaguk Pratama Yudha, Mohammad Erik Echsony, Adiratna Ciptaningrum

Abstract


Rel atau jalur kereta api merupakan struktur koheren yang dibangun dari beton, baja, maupun bahan konstruksi lain di atas permukaan. Pada jalan rel satu bidang yang saling memotong, perpindahan jalur dilakukan dengan peralatan khusus yaitu wesel untuk menghindari tabrakan karena adanya kereta yang bersilang dan sebagai tempat bagi kereta yang berhenti. Sistem pemindah jalur kereta api di Indonesia masih menggunakan sistem mekanik yang manual, agar pemindah jalur pada kereta api agar lebih efisien, dikembangkan dengan sistem pemindah wesel yang otomatis. Berdasarkan permasalahan yang didapat, maka penelitian ini dilakukan perancangan prototipe wesel kereta otomatis menggunakan RFID. Mikrokontroler Arduino Uno digunakan untuk mengontrol sistem pada prototipe ini. Prototipe ini menggunakan motor servo sebagai pengendali gerak wesel dan sensor ultrasonik berfungsi mendeteksi benda atau kereta sehingga menetukan gerak wesel, untuk RFID digunakan sebagai parameter input dan di proses di mikrokontroler. Hasil pengujian prototipe pada penelitian ini menunjukkan apabila terdapat kereta yang dideteksi oleh sensor ultrasonik dari jarak kurang dari 10 cm maka wesel tidak dapat bergerak, sebaliknya apabila sensor ultrasonik tidak mendeteksi kereta didepannya maka wesel akan bergerak dan kereta dapat berpindah.

Keywords


Pemindah Wesel; Prototipe; Arduino Uno Microcontroller; RFID; Sensor Ultrasonik

References


Firmansyah, M. Y. (2019). Perencanaan Jalur Ganda Kereta Api Stasiun Kebumen-Stasiun Wonosari Km 451+ 800-Km 452+ 800 (Doctoral dissertation, UAJY).

Verdiana, T. D., Firmansyah, A., Husodo, I. T., & Yudaningrum, F. (2020). Perencanaan Jalur Lintasan Kereta Api Dengan Wesel Tipe R54 Pada Stasiun Prupuk. In Science and Engineering National Seminar (Vol. 5, No. 1, pp. 575-584).

Aisyah, S., Winantoko, S., & Wibisono, A. (2017). Prototipe Pemindah Wesel Kereta Menggunakan RFID Berbasis Arduino UNO. AUTOCRACY: Jurnal Otomasi, Kendali, dan Aplikasi Industri, 4(02), 115-121.

Christiyandi, A., & Ramdan, S. D. Persilangan Dan Wesel.

Basith, M. A. (2017). Penerapan Sensor Ultrasonik Hc-Sr04 Pada Sistem Pengukur Volume Pada Mobil Tangki Air Bersih (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

U. Latifa dan J. S. Saputro, “Perancangan Robot Arm Gripper Berbasis Arduino Uno Menggunakan Antarmuka Labview,” Barometer, vol. 3, no. 2, hal. 138–141, 2018.

B. dan B. S. Arasada, “Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno Bakhtiyar Arasada,” J. Tek. Elektro, vol. 06, no. 02, p. 2, 2017.

R. Sulistyowati, H. A. Sujono, and A. Khamdi, “Sistem Pendeteksi Banjir Berbasis Sensor Ultrasonik Dan Mikrokontroler Dengan Media Komunikasi Sms Gate Way,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. III, no. April, pp. 49–58, 2015.

M. Rizki and R. Amri, “Perancangan Kontrol dan Monitoring Level Ketinggian Air di Waduk Bagian Hulu Untuk Meningkatkan Efektifitas Kinerja PLTA Koto Panjang,” Jom FTEKNIK, vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2016.

Purwanto, H., Riyadi, M., Astuti, D. W. W., & Kusuma, I. W. A. W. (2019). Komparasi Sensor Ultrasonik Hc-Sr04 Dan Jsn-Sr04t Untuk Aplikasi Sistem Deteksi Ketinggian Air. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(2), 717-724.

Sofyan, A. A., Puspitorini, P., & Baehaki, D. (2017). Sistem Keamanan Pengendali Pintu Otomatis Berbasis Radio Frequency Identification (RFID) Dengan Arduino Uno R3. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v5i2.11300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java