Peningkatan Knowledge Management Dapat Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Dewi Lusiana

Abstract


Penilaian kinerja memegang peranan penting di perusahaan karena penilaian kinerja dapat membantu perusahaan dalam mendeteksi kelemahan yang terdapat dalam perusahaan untuk dilakukan  perbaikan. Dari Strategic Objective dapat ditingkatkan Knowledge Managemnetnya, kemudian diukur untuk mengetahui kinerja perusahaan. Sehingga dapat diketahui sejauh mana strategi yang telah ditentukan dapat tercapai. Metode  yang digunakan untuk penilaian kinerja ini dengan menggunakan Balance Scorecard. Karena Balanced Scorecard sebagai kerangka sistem pengukuran kinerja menggunakan system proses hirarki analitik (AHP) didasarkan pada perspektif: belajar dan pertumbuhan, proses internal / bisnis, pelanggan, dan kinerja keuangan. Sistem ini dapat membantu menentukan bobot strategi. Selain itu Balanced Scorecard terbukti mampu menjadi dasar menguatkan knowledge management (Fairchild, 2002). Setelah kinerja perusahaan diukur dapat diketahui hal mana saja yang perlu perbaikan, cara perbaikannya adalah dengan meningkatkan lagi knowledge management pada sasaran yang perlu diperbaiki.


Full Text:

PDF

References


Anthony A. Atkinson, Rajiv D. Banker, Robert S. Kaplan, dan S.Mark Young (1997), Management Accounting. Edisi ke-2, New Jersey: Prentice Hall,Inc

Artley, Will dan Stron, Suzanne. (2001). The Performance Handbook : Establishing and Integrated Performance Measurement System.

Chang Lin Yang, Shan-Ping Chuang, Rong-Hwa Huang, 2009, Manufacturing Evaluation System based on AHP/ANP approach for water fabricating industry

Fitzgerald, L., Johnston, R.,Brignall,T.J., Silvestro, R. and Voss, C., 1991, Performance Measurement in Service Business, The Chartered Institute of Management Accountants, London

Kaplan. R. S. dan David P. Norton, 2000, Balanced scorecard, Menerapkan

Strategi Menjadi Aksi, Erlangga, Jakarta.

Mulyadi. 1999, Strategic Manajement System dengan Pendekatan Balanced

Scorecard, No.02 TH XXVII, Majalah Usahawan, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/.v5i2.5378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.