PENERAPAN VECTOR AUTOREGRESSIVE (VAR) UNTUK PEMODELAN KONSENTRASI BOD DAN DO DI STASIUN KBe1 SUNGAI BEDADUNG-JEMBER

Rusdiana Setyaningtyas

Abstract


Su

ngai Bedadung merupakan salah satu sumber air baku air minum PDAM Jember, dimana kualitas airnya masuk klasifikasi mutu air kelas III. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas air sungai tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat prakiraan kualitas air sungai di masa mendatang sehingga antisipasi awal terhadap adanya perubahan kualitas bisa dilakukan. Antisipasi tersebut antara lain perubahan  proses pengolahan air baku menjadi air bersih di PDAM. Dalam penelitian ini, proses pemodelan kualitas air Sungai Bedadung menggunakan BOD dan DO sebagai parameter yang diteliti. Dalam penelitian ini digunakan metode Vector Autoregressive (VAR). Langkah melakukan pemodelan adalah sebagai berikut: (i) identifikasi dan pendugaan model melalui pemeriksaan stasioneritas data menggunakan plot time series, plot ACF (autocorrelation function) dan PACF (partial autocorrelation function), serta uji unit root, (ii) estimasi parameter menggunakan metode LSE (least square estimation), dan (iii) pemilihan model berdasarkan nilai minimum AIC (Akaike’s Information Criterion). Data sekunder yang digunakan adalah konsentrasi BOD dan DO hasil pemantauan bulanan BPSAWS Bondoyudo-Mayang di stasiun KBe1 tahun 2003 – 2010. Kebaikan model dianalisis menggunakan nilai MSE (mean square error), MAD (mean absolute deviation), dan MAPE (mean absolute percentage error). Hasil analisis korelasi menunjukkan BOD berkorelasi negatif lemah dengan DO dengan nilai koefisien korelasi Pearson -0,423. Hasil peramalan dengan metode VAR ini masih belum memuaskan karena selain lemahnya korelasi diantara parameter BOD dan DO juga karena diduga ada parameter lain yang mempengaruhi konsentrasi BOD dan DO.

Kata kunci: BOD, DO, time series, metode vector autoregressive


Full Text:

PDF

References


Badruddin, (1987). The Correlation of Biotic and Abiotic Indications of Polluted Water in Citarum and Jatiluhur Reservoir. Jurnal Litbang Pengairan, No.6, Tahun II, Puslitbang Sumber Daya Air, Bandung.

Basri, M.C., (2002). Why Trends of Protection Changed Over Time in Indonesia?. Institute of South East Asian Studies.

Boano, F., Revelli, R. dan Ridolfi, L., (2006). Stochastic modelling of DO and BOD components in a stream with random inputs. Advances in Water Resources 29, p.1341–1350.

Brahmana, S. dan Bahri, (2002). Pengaruh Nitrogen dan Fosfat terhadap terjadinya Algal Bloom di Waduk Karangkates. Buletin Pusair Vol. XI No.38, Puslitbang Air, pp23 -28, Bandung.

Hadi, Y.S.,(2003). Analisis Vector Autoregression (VAR) Terhadap Korelasi Antara Pendapatan Nasional Dan Investasi Pemerintah Di Indonesia, 1983/1984 – 1999/2000. Jurnal Keuangan dan Moneter, Volume 6, No. 2.

Irianto, E.W. dan Machbub, B., (2004). Pengaruh Multiparameter Kualitas Air terhadap Parameter Indikator Oksigen Terlarut dan Daya Hantar Listrik (Studi Kasus Citarum Hulu). JLP, Vol. 18, No.54.

Irianto, E.W. dan Machbub, B., (2010). Fenomena Hubungan Debit Air dan Kadar Zat Pencemar dalam Air Sungai (Studi kasus: Sub DPS Citarum Hulu). http://api.ning.com/files/zsqyxDFQyLjccsYDhS qa8exPVp5lCm67lYwqnJhwafY_/HubunganDe bitdenganRiverParameter.pdf

Johnson, R.A. dan Winchern, D.W., (1998). Applied Multivariate Statistical Analysis. edisi keempat, Prentice Hall, New Jersey.

Lee, C. dan Bauer, J.G., (2000). The US DollarRupiah Exchange Rate: Driving Forces and Prospects. Nanyang Technological University, Singapore.

Maruddani, D.A.I dan Safitri, D., (2008),”Vector Autoregressive (VAR) untuk Peramalan Harga Saham PT Indofood Sukses Makmur Indonesia”, Jurnal Matematika, Vol. 11, No.1, hal. 6-12.

Masduki, Ali, (2007), “Kualitas Air sebagai Indikator Pengelolaan DAS”, http://blog.its.ac.id/masduqi/2007/11/04/kualitas -air-sebagai-indikator-pengelolaan-daerahpengaliran-sungai/, posting 4 November 2007 (unduh 22 Desember 2010).

Salmin, (2005). Oksigen Terlarut (DO) Dan Kebutuhan Oksigen Biologi (BOD) Sebagai Salah Satu Indikator Untuk Menentukan Kualitas Perairan. Oseana, Volume XXX, Nomor 3, hal. 21 – 26.

Sutimin, (2006). Model Matematika Konsentrasi Oksigen Terlarut Pada Ekosistem Perairan Danau. Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Diponegoro, Semarang, E-mail: su_timin@yahoo.com Revelli, R. and Ridolfi, L., (2004).

Stochastic dynamics of BOD in a stream with random inputs. Advances in Water Resources 27, 943– 952.

Wei, W.W.S., (1989), Time Series Analysis, AddisonWesley Publishing Company, Inc., California.




DOI: https://doi.org/10.32528/.v4i1.5108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.