PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR ( JAS )
Abstract
Environment problem cannot be solved merely technical. The more important thing is the awareness to manage environment. This is a challenge to develop an education with environmental basis to give contribution on creating a behavior that has environmental responsibility. This article identify alternative teaching approaches in biology namely 'jelajah alam semesta (JAS)" approach. This approach shows that it is an approach that has a very significant advantage in teaching learning process by using the students' environment such as physical environment, social, technology as well as culture as the object of learning biology learned through scientific works.
Keywords: Jelajah Alam Semesta (JAS), Environmentas Education
Full Text:
PDFReferences
Anonim, 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup. Universitas Negeri Semarang. Materi Kuliah Umum. Universitas Negeri Sema-rang. Semarang. http://ocw.unnes.ac.id/ocw/mku-mkk/Bu-ku%20Ajar%20PLH%20Final.pdf, diakses 1 Juni 2010
Christijanti, W. Utami NR. Supriyanto. Lisdiana. Alimah S. 2006. Penerapan Kajian Sistematik dalam Pembelajaran Struktur Tubuh Hewan dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Peran Aktif dan Pemahaman Mahasiswa. Laporan Penelitian. Lemlit UNNES. Tidak dipublikasikan.
Hayati S. 1999. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Alam Membentuk Perilaku Bertanggung Jawab. http://file.upi. edu/ai.php?dir=Direktori/B%20%20FPIPS/JUR...PLH..., diakses 1 Juni 2010
Marianti, A. 2006 . Jelajah Alam Sekitar (JAS) Suatu Pendekatan dalam Pembelajaran Biologi dan Implementasinya. Bunga Rampai Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Upaya membelajarkan Biologi Sebagaimana Seha-rusnya Belajar Biologi.Penyunting A. Marianti. Jurusan Biolgi FMIPA UNNES.
Ngabekti S. Santosa K. Sukaesih S. Syaifudin A. 2006. Mening-katkan Mptivasi dan Pemahaman Siswa dalam Materi Ekosistem melalui Penerapan Metode Bermain Peran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar di Pondok Moderen Selamat Kendal. Laporan Penelitian. Lemlit UNNES. Tidak dipublikasikan.
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas. 2001.Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SLTP. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional
Ridlo, S. 2005 Pendekatan Alam Sekitar (JAS). Makalah. Dipresentasikan pada seminar dan lokakarya Pengemba-ngan Kurikulum Pendidikan Biologi dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar Jurusan Biologi FMIPA UNNES dalam rangka pelaksanaan program PHK A2 di Semarang tanggal 14-15 Februari 2005
Saptono, S. 2003. Paparan Kuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi. Paparan Kuliah. Semarang: tidak dipublikasikan
Soemarwoto, O. 1997. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pemba-ngunan. Jakarta: Penerbit Jambatan
Sukaesih S. Saptono S. Mustikaningtya D. Alimah S. 2006, FMIPA, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi di SMP 27 Semarang dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Model Conceptual Change yang diintegra-sikan dengan Alternative Assessment. Laporan Penelitian. Lemlit UNNES. Tidak dipublikasikan.
Widianti, T. Habibah NA. Parmin. 2007. Implementasi Pembe-lajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Genetika. Laporan Penelitian. Lemlit UNNES. Tidak dipublikasikan.
Marianti, A. dan N.E. Kartijono, 2005. Jelajah Alam Sekitar(JAS). Dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pengem-bangan Kurikulum dan Desain Inovasi Pembelajaran Jurusan Biologi FMIPA UNNES dalam rangka pelaksanaan PHK A2. Semarang. Biologi FMIPA UNNES.
Refbacks
- There are currently no refbacks.