DEVELOPING LISTENING COMPREHENSION TEST FOR STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT

Budi Setyono

Abstract


Memiliki kemampuan mengembangkan tes sebagai salah satu instrumen asesmen merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. Tes merupakan instrumen yang banyak digunakan oleh pendidik untuk mengumpulkan data mengenai belajar peserta didik. Dengan memberikan tes, pendidik dapat memonitor kemajuan belajar, mengukur hasil belajar, serta mengevaluasi efektifitas pembelajaran. Agar dapat mengembangkan tes kemampuan listening yang baik, dosen pengampu matakuliah Listening dipersyaratkan memiliki pemahaman yang mendalam terhadap ciri-ciri tes yang baik serta langkah-langkah dalam mengembangkan tes. Untuk tujuan tersebut, artikel ini akan membahas bagaimana mengembangkan tes kemampuan listening yang valid dan reliabel di jurusan pendidikan bahasa Inggris. Bagian pertama akan mengupas pengertian kemampuan listening, kemampuan listening yang dapat diukur, serta beberapa format tes kemampuan listening. Pada bagian berikutnya akan dibahas konsep tes yang baik dilihat dari aspek validitas, reliabilitas dan kepraktisan. Bagian akhir dari pembahasan ditutup dengan prosedur dalam mengembangkan tes kemampuan listening di jurusan pendidikan bahasa Inggris. Kata kunci: test development, listening comprehension test, English education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.