THE EFFECT OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) STRATEGY ON STUDENTS’ WRITING ABILITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh strategi CIRC pada kemampuan menulis siswa dengan menggunakan desain pre-test dan post-test kelompok kontrol random. Sampel kelompok random ditentukan dengan lotere. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri dari 36 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes menulis teks deskriptif. Untuk menganalisis data digunakan t-test. Hasil analisis t-test didapatkan nilai 2.57 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikansi
0.005 dan derajat kebebasan 70 adalah 1.99 Hal ini menunjukkan bahwa nilai t-test lebih tinggi daripada nilai tabel t (2.57 > 1.99), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yg signifikan dalam menggunakan strategi CIRC pada kemampuan menulis siswa.
Kata kunci: Strategi CIRC, kemampuan menulis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.