PENGEMBANGAN MATURE SEBAGAI BAHAN AJAR

Romi Dewi Ratnasari, Ika Priantari, Ari Indriana Hapsari

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui
kelayakan “Mature (Majalah Tumbuhan Rendah) sebagai bahan ajar pada mata
pelajaran biologi materi kingdom plantae kelas X IPA”. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan
pengembangan ini menggunakan model pengembangan IDI (Intructional Development
Institute) yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu penentuan (define), pengembangan (develop)
and evaluasi (evaluate). Penilaian uji validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli
media, ahli bahasa, ahli pengguna dan peer reviewer, sedangkan uji coba terbatas
melibatkan subyek coba siswa sebanyak 10 orang siswa kelas X IPA 4 SMA
Muhammadiyah 3 Jember. Berdasarkan analisis skor rata-rata penilaian ahli materi, ahli
media, ahli bahasa, peer reviewer diperoleh skor rata-rata keseluruhan 4 dengan kriteria
valid, sedangkan untuk ahli pengguna diperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria valid.
Hasil uji coba keterbacaan dan tingkat kesulitan menunjukkan bahwa Mature mudah
terbaca dengan baik serta respon siswa yang memberikan respon positif terhadap
Mature (Majalah Tumbuhan Rendah) yang dikembangkan lebih dari 80%.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v2i2.822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BIOMA