KETERAMPILAN KOLABORATIF DAN METAKOGNITIF MELALUI MULTIMEDIA BERBASIS MEANS ENDS ANALYSIS

Primadya Anantyarta, Ririn Listya Ika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecakapan kolaboratif dan  metakognitif  mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang pada matakuliah Genetika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data hasil penelitian diperoleh dengan melibatkan observer dalam Pembelajaran Genetika dengan menggunakan multimedia Autoplay berbasis Means Ends Analysis (MEA). Data hasil pengamatan dianalisis untuk dihitung rata-rata serta persentase kecakapan kolaboratif dan metakognitif mahasiswa. Hasil penelitian dari 20 mahasiswa menunjukkan bahwa pada kemampuan kolaboratif mahasiswa 60% dapat bekerja produktif, 85% memiliki sikap menghargai, 65% dapat berkompromi, dan 65% bertanggung jawab. Pada kemampuan metakognitif mahasiswa, 95% masih membutuhkan struktur visual dan bahasa untuk membantu berfikir mengenai pembelajaran, 85 %  mahasiswa merasa fikiran tidak fokus atau bercampur dengan hal lain dan membutuhkan waktu untuk berfikir lagi, 65%  mahasiswa mempunyai ide bagus tentang bagaimana berfikir dan belajar menggabungkannya dalam belajar, dan 60% mahasiswa kadang berhenti berfikir tentang proses pemikiran dan tidak menemukan hal yang  sangat membantu aktivitas sehari-hari.

 

Kata kunci: Kolaboratif, Metakognitif, Autoplay, MEA.

 




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v2i2.821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BIOMA