PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Abstract
Hasil belajar IPA peserta didik di kelas IX C SMP Negeri 2 Ajung cenderung rendah. Hal ini bisa dilihat dari data awal hanya 7 peserta didik dari 24 peserta didik yang mampu mencapai mencapai KKM. Berdasarkan pengamatan peneliti, kondisi ini terjadi karena cara mengajar guru dengan model ceramah yang monoton dan membosankan. Sehingga peserta didik malas dan bosan mengikuti pembelajarn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX C SMP Negeri 2 Ajung dengan penerapan model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus, dimana masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 13 orang dan pada siklus II sebanyak 21 orang .
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem posing, Hasil Belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v2i2.820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 BIOMA