Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Smp Negeri 1 Umbu Ratu Nggay

Anggreni Konga Naha, Yohana Makaborang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada pembelajaran IPA kelas VII Di SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay, Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian adalah bahwa penerapan model pembelalaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada pembelajaran IPA. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar Peserta Didik setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay sudah meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil belajar Peserta Didik dari peningkatan pada tiap-tiap siklus, rata-rata nilai hasil Peserta Didik pada pra-siklus sebesar 56 Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai-nilai rata-rata sebesar 65 Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 77.

Kata Kunci : Penerapan, Snowball Throwing, Hasil Belajar


Keywords


Penerapan, Snowball Throwing, Hasil Belajar

References


Arnop, O., Budiyanto, B., & Saefuddin, R. (2019). Kajian Evaluasi Mutu Sungai Nelas Dengan Metode Storet Dan Indeks Pencemaran. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.31186/naturalis.8.1.9158

Aunurrahman. (2013:45). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Gembong, Botani Tumbuhan Tinggi, (Jakarta: Erlangga, 2007), h.45

Mastuti, R. (2016). Taksonomi / energi dalam sistem kehidupan. Universitas Brawijaya.

Ramayulis . (2015). Dasar-Dasar kependidikan suatu pengantar ilmu pendidikan, Jakarta Kalam Mulia

Rusman, (2012:123). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sujarwo. (2011:6). Model - Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: CV Venus Gold Press.

Siregar, Evalin & Nara, Hua. (2011:8-11 ). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Gahlia Indonesia

Suhana, (2014: 12) kosnsep strategi pembelajaran,(Bandung: PT Refika Aditama. Syah M, (2015:145). Psikolgi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyuningsih. (2012:1-14). Artikel. Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.7430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi