PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LITERASI INFORMASI BERORIENTASI WIKIPEDIA PADA MATERI BAKTERI

Rifki Survani, Hafidah Wagiranti, Dadi Setia Adi

Abstract


Perkembangan teknologi dapat mendukung kemampuan literasi informasi. Penguasaan keterampilan literasi informasi oleh peserta didik tidak hanya bertujuan untuk menjadikan peserta didik sebagai individu yang information literate. Namun juga membekali mereka dengan pemahaman yang mendalam tentang literasi informasi. Salah satu contoh dari web pencarian yang cukup sering dikunjungi adalah wikipedia. Pembelajaran berbasis Wikipedia dapat mengajarkan kepada peserta didik bagaimana keterampilan literasi informasi digunakan terutama di era saat ini. Dengan pembelajaran biologi berbasis literasi informasi berorientasi wikipedia pada materi bakteri diharapkan peserta didik dapat belajar tentang literasi informasi sehingga dapat memilih informasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran biologi berbasis literasi informasi berorientasi wikipedia pada materi bakteri. Metode yang digunakan adalah pre experimental, dengan desain pretest - posttest one group design. Tes dalam instrumen ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakukan dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 15 soal dan memiliki 5 alternatif pilihan jawaban. Skor rata-rata pretest sebesar 44,52 dan skor rata-rata posttest sebesar 83,70.  Hasil N-Gain didapatkan pada penelitian ini yaitu 0,69, hasil ini termasuk ke dalam kategori sedang.


Keywords


Pembelajaran biologi, Wikipedia, Bakteri

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar, R. K., Komariah, N., & Rahman, M. T. (2017). Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 131–142. https://doi.org/10.15575/jw.v2i1.964

Christensen, T. B. (2016). Wikipedia as a Tool for 21st Century Teaching and Learning. International Journal for Digital Society, 6(2), 1042–1047. https://doi.org/10.20533/ijds.2040.2570.2015.0128

Djajalaksana, Y. M., & Gantini, T. (2009). Pemanfaatan Aplikasi Wiki Untuk Pengajaran dan Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2009(Snati), 8–13. Retrieved from http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/944/917

Gehringer, E.F. (2008). Assessing students’ wikis contributions. Proceedings of the 2008 American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition, Pittsburgh, PA: June 25-28. Diakses pada 22 Maret 2019 dari http://research.csc.ncsu.edu/efg/teaching/papers/ 2008-1484_Wiki.pdf.

Guth, S. (2007). Wikis in education: Is public better? Proceedings of the 2007 International Symposium on Wikis 2007, Montreal, Quebec, Canada: October 21 - 25, 2007, 61-68. Diakses pada 20 Maret 2019 dari http://portal.acm.org.proxy.usf.edu/citation.cfm?i d=1296951.1296958.

Hasugian, J. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaha : Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 34–44.

Imperatore, C. (2009). Wikis and blogs: Your keys to student collaboration & engagement. Techniques (Association for Career and Technical Education), 84 (3), 30-31.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, 2(36), 233–245.

Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 2(2), 108–119. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/146

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran Pada K13 https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/ Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf

Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689

Siregar, N. (2015). Belajar dan Pembelajaran.

Sudarisman, S. (2018). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono . (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta’dib, XVI, 57–58.

Trisnawati, Thalib, S. B., & Rachmawaty. (2012). Pengaruh Internal Locus of Control Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Di Sinjai Barat Sinjai Barat. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 485–490.

Wahab, N., & Sundari. (2018). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Biologi Metabolisme Untuk Meningkatkan Aktivitas Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii-Ipa I Di Sma Negeri 4 Kota Ternate. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Kepulauan, (September), 18–20.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Retrieved from http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Winarno, M. E. (2010). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM PRESS).




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.7049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi