Analisis Kemampuan Literasi Digital Pembelajaran Biologi di MAN Grobogan Masa Pandemi Covid 19

Ulfatun Muyasaroh, Listyono Listyono, Ndzani Latifatur Rofi’ah

Abstract


Covid-19 berpengaruh terhadap pendidikan. Hal ini menyebabkan pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Siswa dalam pembelajaran daring mencari referensi dari berbagai sumber, salah satunya dari internet. Siswa harus terbiasa dalam mencari, membaca, serta memahami sumber referensi dalam bentuk digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran daring. Jenis penelitiaan ini kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen pengumpulan data berbentuk angket skala likert yang disebar melalui google form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi digital terdapat empat indikator, yaitu pencarian internet (74,92 %), pandu arah hypertext (72,63 %), evaluasi konten informasi (77,47%), dan penyusunan pengetahuan (76,78 %). Tingkat kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran daring dikategorikan tinggi.

 


Keywords


Literasi Digital, Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Daring

References


Hanik, E. U. 2020. Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal IAIN Kudus 8, 183–208.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., & Rawamangun. 2020. Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan 34(2), 147–154.

Irhandayaningsih, A. 2020. Pengukuran Literasi Digital pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Undip 4(2), 231–240.

Izza, A. dan Munawir. 2021. Hypertext Based Interactive Media Analysis In Growing Student Reading Interest Through Online Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 5(1), 69-80.

Khoiri, Nur. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan (Ragam, Model, & Pendekatan). Semarang.Southeast Asian Publishing.

KPCPEN. (2021). Update Data Kasus Covid19. https://covid19.go.id/. 18 Maret 2020 (11.43).

Kusuma, R. F., Sari, Y., & Khoirotun, N. 2020. Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7–13.

Marfu’ah, S. 2020. Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Online di SMP Negeri 1 Cilongok. Skripsi. IAIN Purwokerto.

Mendikbud RI. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Muasyaroh, Husnul dan Lucia, Riyanto. 2020. Peran Literasi Digital dan Task Value Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Psikologi Ulayat 10 (10), 20.

Muna, F. N. 2020. Pengaruh Penerapan Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IX SMP NU Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. IAIN Salatiga.

Novanda, R.R. 2019. Hubungan Literasi Digital dengan Self Directed Learning pada Mahasiswa di Daerah Miskin Sumatera. Jurnal Ilmu Informasi 21(1), 20-24.

Pratama, W. A., & Hartini, S. 2019. Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Juornal of Innovation and Physics Teaching 06(1), 9–13.

Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Nanda, M. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 04(2), 158–168.

Sari, S.S. 2019. Kemampuan Literasi Digital Kalangan Siswa SMP dan SMA di Daerah Pedesaan Kabupaten Blitar. Thesis. Universitas Airlangga.

Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta.Prenada Media.

Tang, C. M., dan Chaw, L. Y. 2016. Digital Literacy: A Prerequisite for Effective Learning In a Bleanded Environment. Electronic Journal of e-Learning 14(1), 54-65.

Yasid, A. 2020. Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter Literasi Digital Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Diskusi Daring Tematik Nasional, 52-56.

Zaenudin, H. N., Fahrul, A., Affandi, M., Priandono, T. E., Endriski, M., & Haryanegara, A. 2020. Tingkat Literasi Digital Siswa Smp Di Kota Sukabumi Digital Literacy Level Of Sukabumi City ’ S Junior High. Jurnal Penelitian Komunikasi 23(2), 167–180.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v6i2.5880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi