Penyajian Konsep Metode Ilmiah dalam Pengembangan Majalah Elektronik sebagai Media Pembelajaran Kelas X SMA

Maria Angelina Bonita Herman, Andi Besse Tenriawaru, Wolly Candramila

Abstract


Penelitian ini menjabarkan proses pengembangan dan hasil validasi konten majalah elektronik sebagai media pembelajaran Submateri Metode Ilmiah di Kelas X SMA. Pengembangan majalah elektronik dilakukan dalam 3 tahapan pertama (define, design, dan develop) dari model 4D dan dilanjutkan dengan uji validitas konten oleh masing-masing 5 orang validator terkait media dan materi. Pada tahap define dilakukan observasi dan wawancara dengan guru biologi, tinjauan kurikulum dan kebutuhan siswa, serta perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pembuatan storyboard dengan penekanan pada komponen-komponen dalam metode ilmiah dan hal-hal pendukung yang dilanjutkan dengan tahapan pengembangan menjadi produk utuh. Uji validitas konten baik secara media maupun materi dengan menghitung nilai CVR dan CVI menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan majalah elektronik memenuhi nilai minimum kevalidan 0,99 sehingga dapat dinyatakan layak untuk diuji coba baik secara terbatas maupun luas. Majalah elektronik ini diharapkan dapat mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam penerapan konsep metode ilmiah untuk memecahkan masalah biologi di lingkungan sekitar serta meningkatkan pemahaman peserta didik melalui pendekatan naratif yang diambil dari kegiatan penelitian ilmiah yang nyata.

Kata kunci: Majalah elektronik, Metode ilmiah, Model 4D.


Keywords


Majalah Elektronik; Metode Ilmiah

References


Azizah, M. I. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya di Kelas IV MIN Ngronggot Nganjuk. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagaamaan, 16(2), 279-308.

Dewi, N. A., & Warso, A. W. D. D. (2014). Pengembangan Majalah Green Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA. JUPERMASI-PBIO, 1 (1), 155-157.

Ekawati, M., & Wijayanti, M. (2017). Ketaksaan Judul Berita dan Implikasinya Pada Pembaca, Seminar Nasional Riset Inovatif Universitas Tidar.

Fitriansyah, F. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Gadget untuk Memotivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(1), 1-11.

Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII. Jurnal Biology Teaching and Learning , 3(1), 38-45.

Hadziq, A. (2015). Pengaruh Bahasa terhadap Perkembangan Kognisi Anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3 (3), 63-86.

Ikhtiarika, W., Panjaitan, R. G. P., & Yokhebed. (2014). Pengembangan Modul Metode Ilmiah melalui Pengujian Pemberian Tepung Kunyit (Curcuma domestica Val.) terhadap Performa Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica) Betina. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8), 1-15.

Irwanto. (2011). Kebijakan Layout Surat Kabar Harian Jogja. Skripsi. Universitas Pembangunan “Veteran”. Yogyakarta.

Kurniawan, E. (2016). Kajian Makna di Balik Sampul Majalah Tempo (Studi kasus “sampul rekening gendut perwira polisi edisi senin, 28 Juni 2010. Dimensi DKV, 1(1), 47-56.

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitive Approach to Content Validity. Personnel Psychology, Inc. Purdue University.

Muhammad, N.N., Danial, M. & Rachmawaty. (2018). Pengembangan bahan ajar majalah elektronik fungi untuk SMA Kelas X . Skripsi. Universitass Negeri Makasar. Makasar.

Mustari, R. F. (2014). Profil Kemampuan Hipotesis Siswa Pada Sub Konsep Pemanasan Global melalui Demonstrasi Berbasis Predict–Observe-Explan (POE). Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Nuryanto, A. (2004). Media Pembelajaran Pendidikan Kejuruan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Pamuji. (2014). Adaptasi Media Pembelajaran Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(2), 117-127.

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pratiwi, N., Gardjito, & Hamidah, A. (2017). Pengembangan Majalah Biologi sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Protista Kelas X MIA di SMA N 7 Kota Jambi. Biodik, 3(1): 27-34, 10.22437/bio.v3i1.4880.

Rustan, S. (2017). Layout Dasar & Penerapannya. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Smaldino, S. E., Lowther , D. L., Russell, J. D. (2008). Instructional. Technology and Media for Learning (Ninth Edition). Pearson Education. NJ.

Srikandi, N., Putra, I. A., & Pertiwi, N. A. S. (2019). Majalah Elektronik Materi Rambatan Kalor untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Journal for Physics Education and Applied Physics, 2 (1), 1-8, https://doi.org/10.37058/ diffraction.v2i1.1309

Suryani, I.F. (2015). Pengembangan Majalah Biore (Biologi Reproduksi) Submateri Kelainan dan Penyakit pada Sistem Reproduksi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA. Skripsi.UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Indiana University. Bloomington.

Vick, B. M., Pollak, A., Welsh, C., & Liang, J. O. (2012). Learning the Scientific Method Using GloFish. Zebrafish, 9(4), 226-241, 10.1089/zeb.2012.0758

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v6i2.5600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi