Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Bahan Ajar terhadap Hasil Belajar Kognitif

Rosalina Sisilia Santriana Son

Abstract


Rendahnya hasil belajar kognitif siswa disebabakan model pembelajaran dan media ajar yang tidak sesuai pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Desain Quasi eksperimen post-test only control group design. Pengambilan sampel purposive sampling. Variabel yang diukur adalah hasil belajar kognitif. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang dilihat dari perbdaan perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dengan bantuan bahan ajar dengan siswa yang menggunakan model konvensional, dimana rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas ekpserimen 73,5 dan kelas kontrol 60,4, dengan nilai signifikannya adalah 0,340. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model PBL dengan bantuan bahan ajar efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMA.


Keywords


Bahan Ajar, Hasil Belajar Kognitif, Problem Based Learning

References


Achyani., Rustaman, N., Redjeki, S., & Choesin, D. 2010. “Model Penulisan Buku Ajar Biologi SMA Berwawasan Ekologi dan Lokal untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan”. Jurnal Penelitian Pendidikan UMM. 1 (1): 6-10

Arnyana., I.B.P. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arends, R. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Barrow., C.J. (2005). Environmental Management and Development. Routledge, London

Binadja., A. 2015. Pedoman Praktis Pengembangan Bahan Pembelajaran Berdasar Kurikulum 2004 Bervisi dan Berpendekatan SETS. Semarang: Laboratorium SETS Unnes.

Binadja, A., Wardani & Nugroho, S. 2008. “Keberkesanan Pembelajaran Kimia Materi Ikatan Kimia Bervisi SETS pada Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2 (2): 256-262

Cennamo. K., Brandt. C., Scott. B., Douglas. S., McGrath. M., Reimer. Y & Vernon. M. 2011. Managing the Complexity of Design Problems through Studiobased Learning.The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. 5 (2).

Chatib., & Munif. 2010. Sekolahnya Manusia (Sekolah Berbasis Multple Itelligences di Indonesia. Bandung : Kaifa

Dimyati., & Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Husna., A., Fianti., & Cahyono., E. 2019. The Effect of Project Based Learning Model Aided Scratch Media Toward Learning Outcome and Creativity. Journal of Innovative Science Education, 8 (1), 1-7.

Kemendikbud. 2013a. Permendikbud RI No 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mahendra., K. Sumantri., M. & Margunayasa., I. G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 189-198.

Majid, A. 2011. Perencanaaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Millan., J. H., & Schumarcher,S. 2011. Research in Education, Fifth Edition. New York: Longman.

Mustamilah. 2015. Unakan Model Problem Based Learning pad Sub Tema Meawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gosono- Wonosegoro. Scholaria, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 92 -102

Normala.,R.N., & Indri., A. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning bagi Siswa Kelas IV SD. Scholaria. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7 (3), 241-250.

Pradnyana.,P.B. Marhaeni., A.A.I.N. Candiasa., & I Made. 2013. Pengaruh pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 3(3), 207-2017.

Prastowo., A. 2012. Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.

Rachmawati., L. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pringapus 2 Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Skripsi Universitas Negeri Malang.Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang:Universitas Negeri Semarang Press.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Apikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsono., & Hariyanto. 2013. PembelajaranAktif. Bandung: PT. Remaja Rosdaskarya.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v6i2.5256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi