PENERAPAN PEMBELAJARAN RQA DIPADU TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA IMPLEMENTATION OF RQA LEARNING COMBINED TPS TO IMPROVE STUDENTS’ ACTIVITIES

Ika Priantari, Rayh Sitta Nurmala

Abstract


Tujuannya adalah meningkatkan aktivitas mahasiswa semester IVB mata kuliah Genetika Prodi Pendidikan Biologi Unmuh Jember tahun akademik 2015/2016 melalui penerapan RQA dipadu TPS. Metode yag dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap satu siklus terdiri dari kegiatan pokok yaitu: (1) planning (perencanaan), (2) action (tindakan), (3) observing (pengamatan), (4) reflection (refleksi). Penerapan model RQA dipadu TPS meningkatkan aktivitas mahasiswa karena dalam kegiatan belajar mengajar tersebut peneliti merancang pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman-teman sekelompoknya untuk memecahkan permasalahan untuk membangun konsep belajarnya dengan menggunakan Pertanyaan. Dengan demikian semua mahasiswa dalam kelompok kooperatif terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Di dalam satu kelompok, terdapat 2 siswa yang memiliki kemampuan akademik yang berbeda. Hal tersebut bertujuan supaya antarsiswa terjadi aktivitas diskusi dan saling bertukar pendapat untuk mencapai keberhasilan belajar secara bersama-sama. Jadi pengalaman belajar melalui model pembelajaran RQA dipadu TPS akan mendorong siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar mereka.

 

Kata Kunci : RQA, TPS, Aktivitas Mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v1i2.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BIOMA