PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PERTUKARAN KELOMPOK IMPROVING STUDENT’S LEARNING OUTCOMES WITH EXCHANGE GROUPS METHODS

Anik Andriyani

Abstract


Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas X SMAN 2 Jember tahun pelajaran 2011-2012, dan secara khusus untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran kooperatif metode Pertukaran Kelompok dengan Kelompok pada pokok bahasan Senyawa Hidrokarbon. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data nilai afektif siswa digali dengan lembar kuisioner, data hasil belajar peserta didik diambil dari tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X5 pada pokok bahasan Senyawa hidrokarbon mengalami peningkatan setelah menggunakan metode Pertukaran Kelompok dengan Kelompok.

Kata kunci:  Pertukaran Kelompok, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v1i2.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BIOMA