PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM INDERA DENGEN EVALUASI PERMAINAN BOKAH
Abstract
Autoplay adalah perangkat lunak yang dapat digunakan dalam membuat perangkat lunak dengan menggabungkan berbagai tipe media misalnya gambar, suara, video, teks, dan flash ke dalam slide presentasi yang ingin dibuat. Asal usul permainan yang dikenal dengan nama “Bokah” merupakan permainan salah satu suku Melayu di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat dan diambil dari bahasa Melayu daerah tersebut. Media BOBERDIAPLAY ini mampu mempermudah pendidik dalam penyampaian materi dan peserta didik dalam memahami materi, serta dilakukan evaluasi menggunakan permaianan Bokah. Model pengembangan ADDIE Terdapat 5 tahap tetapi dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development (pengembangan). Pengembangan BOBERDIAPLAY (Bokah Berbasis Autoplay ) pada materi sistem indera layak untuk digunakan dalam pembelajaran karena mendapat hasil presentase dari ahli media 94,4% dan presentase ahli materi 97%. Penelitian ini tergolong sangat valid dan layak digunakan dengan sedikit revisi.
Keywords
References
Anantyarta, P., Listya, R., & Sari, I. (2017). Pengembangan Media Auto Play Dengan Metode Means Ends Analysis ( MEA ) Pada Matakuliah Genetika. Pros.Seminar Pend.IPA Pascasarjana UM, 2, 532–538.
Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149. Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V12i1.444
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Lingkar Widyawiswara, 1(Desember), 104–117.
Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan. Jurusan Ipa, Fmipa Universitas Negeri Semarang, 3(1), 67–74.
Purwanto, & Rahmatina, Rusumu Siami. (2019). Aplikasi Pembelajaran Biologi Berbasis Android “ Fun - B ” Kelas Vii Smp. 8(1), 1–5.
Rahayu, A., & Andini, D. W. (2019). Media Pembelajaran Ramah Lingkungan Bagi Guru. (April), 65–70.
Rahmawati, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Multimedia Autoplay Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas X Man Malang Ii Kota Batu.
Ridwan, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar Di Sumenep Madura. Fkip Universitas Ahmad Dahlan.
Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, & Suwono, H. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi. Education And Human Development, 3(2), 81–90.
Triayanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pe,Belajaran. 1(2), 226–238. 7/Lomba Media/187-346-1-SM.
Wijaya, I., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 957–963.
DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v5i2.4009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi