Video Pembelajaran Submateri Kelainan dan Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Ekskresi Manusia

Yesi Mila Sari, Eko Sri Wahyuni, Wolly Candramila

Abstract


Pemanfaatan video pembelajaran mendukung peserta didik untuk mengaplikasikan materi yang lebih modern dan faktual, serta lebih populer terutama bagi anak-anak dibandingkan dengan membaca buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video sebagai media pembelajaran Submateri Kelainan dan Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Ekskresi Manusia. Metode penelitian menggunakan tiga dari empat tahap dalam model 4D (define, design, develop, dan disseminate) dari Thiagarajan et al. Validasi media dilakukan oleh 5 orang yang terdiri dari aspek format, isi, bahasa, dan keefektifan dengan 15 kriteria. Pemilihan validator dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar uji kelayakan instrumen validasi media video pembelajaran dan lembar validasi video pembelajaran. Hasil pengembangan diperoleh media video pembelajaran pada Submateri Kelainan dan Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Ekskresi yang diperkaya dengan hasil pengujian ekstrak tumbuhan sebagai hepatoprotektor. Media yang dikembangkan memperoleh nilai CVR dan CVI sebesar 1 atau memenuhi nilai minimum Lawshe (0,99) sehingga dikategorikan valid dan layak untuk diuji coba baik terbatas maupun luas sebagai media pembelajaran Submateri Kelainan dan Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Ekskresi Manusia.

Keywords


Development, Learning Videos, Submaterial Disorders and Diseases Related to the Human Excretory System

References


Arda, S. S. dan Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis komputer Untuk Siswa SMP kelas VII. Jurnal Mitra Sains. 3 (1): 69-77.

Ariani, N. dan Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran Edisi Revisi Cetakan 19. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, R. (2012). Kretaif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Azis, R., A. Mushawwir T., & Abd Muis. (2018). Penggaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya.

Daryanto, H. 2013. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Holman, T. (2010). Sound For Film and Television (3rded.). Burlingtong. Elsevier Inc.

Kurniawan, D. & Sinta, V.D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencasto-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Vol. 3. No.1, 2017.

Kusrianto. A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personel Physycology, 28(4).

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personel Physycology, 28(4).

Mappalotteng, A. M. 2009. Model Pengembangan dan Kriteria Penilaian Aspek Rekayasa Perangkat Lunak Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Internasional Revitalisasi Pendidikan Kejuruan Dalam Pengembangan SDM Nasional APTEKINDO: Jakarta.

Noto, M.S. (2014). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Smart (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time-bound). Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.1, Februari 2014.

Riyadi, S. (2014). Penggunaan Film Adaptasi Sebagai Media Pengajaran Sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra. 14(2): 241-251

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair, AH. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sholeh, K. (2013). Pengembangan Teks Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Bahan Ajar Berbasis Multiple Inteliggences dalam Kurikulum 2013. Program Studi Bahasa Indonesia dan Sastra: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sitepu. B. S. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Cepi, R. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Expectional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.3990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi