PENGARUH PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK BIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran gallery walk terhadap minat belajar biologi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Duampanua Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent postest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan minat belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrolmenggunakan metode gallery walk yang dibuktikan dengan nilait-test sebesar p = 0.002 (p <0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik. Rata-rata minat belajar dengan menggunakan metode gallery Walk sebesar 114,15 lebih tinggi dibanding nilai rata-rata minat belajar tanpa menggunakan metode gallery walk sebesar 106,60. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan metode gallery walk terhadap minat belajar biologi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A & Supriyanto, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ambarini, N. Ariyanto, J. & Rosyidi, A.(2013). Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort Disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi di Kelas VII-E SMP Negeri 5 Surakarta. Bio-Pedagogi 2(1),1-8.
Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(1), 40-52.
Drajat, M. & Ridwan, M. E. (2014). Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Kahayun. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk terhadap Minat Belajar Peserta Didik Sejarah di SMAN 1 Natar. Jurnal Pendidikan 5(1), 80-89.
Karyatin. (2016). Penerapan Modified Problem Based Learning (PBL) dengan Gallery Walk (GW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Peta Pikiran dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA1(2), 42-51.
Kusyairy, U. (2014). Psikologi Belajar Panduan Praktisi untuk Memahami Psikologi dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Lucia, C. A. (2015). Penerapan Pembelajaran Inovatif Teknik Gallery Walk Pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas. E-journal Universitas Bung Hatta6(1), 30-37.
Marjuni, A. (2014). Buku Daras Filsafat Pendidikan Islam. Makassar: Alauddin University Press.
Nuraeni. (2015). Implementasi Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta. Jurnal Pendidikan 2(1),1-9.
Nuraini, N. D. (2019). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Mata Pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pembelajaran 3(1),1-7.
Ringga, A. P. (2015). Pengembangan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Pemprograman Linier Berkarakter dengan Penerapan Metode Gallery Walk untuk Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Eduma 4(1), 84-89.
Riska, D. S. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Pailkem Metode Gallery Walk. Jurnal PGSD 2(1),1-5.
Silbermen, M.L. (2014). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Terjemahan. Raisul Muttaqien, Bandung: Nuansa Cendekia.
Sutama & Anggitasari, B. (2018). Gaya dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMK. Jurnal Managemen Pendidikan 13(1), 52-61.
Slameto.(2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Widarti, S., Peniati, E., & Widiyaningrum, P. (2013). Pembelajaran Gallery Walk dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan di SMA. Jurnal Biologi Education 2(1),10-18.
Wildayani, R., Nurhayati B., & Jumadi, O. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 3 Makassar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya,515-520.
DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v5i1.3672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi