PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM LAPANGAN (OUTDOOR PRACTICUM) BIOLOGI

Hifni Septina Carolina, Asih Fitriana Dewi, Tika Mayang Sari, Tri Andri Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian praktikum lapangan (outdoor) biologi SMA/MA dan mengetahui kualitas instrumen penilaian tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dengan metode design based research (DBR). Model pengembangan ini terdiri dari: 1) Identifikasi dan analisis masalah oleh peneliti dan praktisi secara kolaboratif, 2) Mengembangkan prototype, 3) Melakukan proses berulang dan menguji prototype, 4) Refleksi menghasilkan produk. Data penelitian dikumpulkan melalui angket validasi ahli, angket respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitas dan kualitas Hasil analisis data menunjukkan instrumen penilaian praktikum lapangan dari ahli materi sebesar 89,3 dengan kriteria sangat tinggi, penilaian dari ahli evaluasi sebesar 92,6 dengan kriteria sangat tinggi, dan penilaian ahi desain media sebesar 88,7 dengan kriteria sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian praktikum lapangan (outdoor) biologi dinyatakan layak digunakan.

 


Keywords


Pengembangan, Instrumen penilaian, Praktikum Oudoor

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Charlesworth, R., & Lind, K. K. 2010. Science For Young Children Sixth Edition. United States: Wadsworth Cengage Learning.

Chippetta dan E.L, Koballa, Th. R.Jr. 2010. Science Instruction in The Middle Andsecondary School Developin Fundament Knowledge and Skills. New York : Allyn & Bacon.

Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Rineka Cipta.

Elseria. (2016). Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan.

Fuadi, Sumaryanto, Totok, Lestari, Wahyu. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pembelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Berbasis Starter Experiment Approach Berwawasan Konservasi. Journal of Educational Research and Evaluation. JERE 4 (1) (2015)

Hazarianti, P., Masriani, & Hadi, L. (2016). Pengembangan rubrik penilaian psikomotorik pada praktikum submateri koefisien distribusi mahasiswa pendidikan kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Haerunnisa, H., Yani, A., & Andani, C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Worksheet Mata Kuliah Biologi Laut untuk MEningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa.. Jurnal Biotek. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.5715

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas, Outdoor Learning. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Hidayah, Miftahul. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor pada Oudoor Practicum Biologi SMA. Didaktika. Vol 1 (2), Hal. 143–148

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research: a Theoretical Framework for Action. Universitas Pendidikan Indonesia-Kampus Tasikmalaya.

Toharudin, dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung, Humanlora, Hal.35.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Puspitasari, E. D., Susilo, M. J., & Febrianti, N. (2019). Developing psychomotor evaluation instrument of biochemistry practicum for university students of biology education. Research and Evaluation in Education. https://doi.org/10.21831/reid.v5i1.22126

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Bio Educatio. Volume 2, Nomor 2, Oktober 2017, hlm.49-57

Widiyatmono, Aji Farid (2014) “Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan di Laboratorium Biologi ditinjau dari Nilai Praktikum”, Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yasbiati & Asep S. (2014). Apa, Mengapa, dan Bagaimana Pendekatan Scientifik dalam Kurikulum 2013. Bandung: Pelangi Press Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi