ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MIKROBIOLOGI UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mesdeskripsikan analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar mikrobiologi. Metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 24 mahasiswa program studi pendidikan Biologi Universitas Islam Balitar yang telah menempuh mata kuliah mikrobiologi dan dosen pengampu mata kuliah mikrobiologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara untuk dosen pengampu dan lembar angket mahasiswa untuk analisis kebutuhan bahan ajar mikrobiologi. Data hasil wawancara dianalisis secara deskriptif dan data hasil angket dianalisis dengan dibuat persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum tersedia bahan ajar untuk mata kuliah mikrobiologi dan perlu dikembangkan bahan ajar mikrobiologi berbasis gambar dan teks salah satunya yaitu atlas
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beaching SQ, Hill R. 2007. Guide to Twelve Common & Conspicuous Lichens of Georgia’s Piedmont. Georgia: University of Georgia Atlanta (UGA).
Dimas, A., Cari, Suparmi, Sarwanto, Handhika, J. 2016. Profil Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa Materi Dinamika Gerak pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya 2016 Pascasarjana Ilmu Fisika Universitas Sebelas Maret Surakarta, 42-45.
Febriyani, R. 2018. Efektivitas Penggunaan Atlas Fotografi Preparat Jaringan Tumbuhan terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Iswanti, EN. 2019. Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta untuk Memberdayakan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Khare, R., dan Rai, H. 2013. Lichens as indicators of habitat heterogeneity in a high altitude montaine pass (Sela pass) in Eastern Himalaya. UGC sponsored national conference on resource management & its sustainable use. 22-23 Maret 2013. DOI: 10.13140/2.1.3311.6968.
Kusuma, RD, Rohman, F, Syamsuri, I. 2018. Pengembangan Atlas Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal untuk SMK Jurusan Pertanian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 3 (3): 296-301.
Muggia, L. dan Grube, M. 2018. Fungal Diversity in Lichens: From Extremotolerance to Interactions with Algae. Life. 2018, 8, 15: 1-14. doi:10.3390/life8020015.
Munandar K, Ibrahim M, Yuanita L. 2015. Model Learning Cycle Untuk Transformasi Pedagogik Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi: Suatu Model Hipotetik Untuk Meningkatkan Profesionalisme Calon Guru. Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. Malang, 21 Maret 2015.
National Research Council. 2012. A Framework for K-12 Science Education: Practies, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington DC: The National Academics Press.
Nurjannah, S. 2017. Pengembangan Atlas Tumbuhan Lumut Berbasis Android sebagai Bahan Ajar Biologi pada Materi Plantae untuk SMA/MA Kelas X. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Perry, JW, dan Morton, D. 1998. Photo Atlas for Botany. USA: Wadsworth Publishing Company.
Peterson, E. B. dan D. Ikeda. 2017. An introduction to lichens and their conservation in California. California: California Academy of Sciences, San Francisco. DOI: 10.13140/RG.2.2.32222.13128.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putri, IW. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Gambar Kelas III Sekolah Dasar. (Online). (http://repository.upy.ac.id/1556/1/Artikel.pdf), diakses 29 Maret 2020.
Sadiman, AS. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanaky, HAH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press
Sari, NK, dan Anantyarta, P. 2018. Pengembangan Petunjuk Praktikum Histologi Program Studi Pendidikan Biologi. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. Vol 3 (2): 124-138.
Sholikhah, AN. 2015. Atlas Keanekaragaman Angiospermae Sekitar Sekolah dan Pengembangan LKS Inkuiri Terbimbing untuk SMA/MA. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Subandi. 2010. Mikrobiologi: Perkembangan, Kajian, dan Pengamatan dalam Persfektif Islam. Jakarta: Rosda.
Sudjana, N, dan Rifa’I, A. 2007. Teknologi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugihartono, Fathiyah KN, Harahap F, Setiawati FA, Nurhayati SR. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi