ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 7 JEMBER BERBASIS MEDIA APLIKASI TES

Aulya Nanda Prafitasari

Abstract


Kemampuan siswa Indonesia dalam Literasi Sains dikategorikan pada "result of PISA 2015" masih sangat rendah. Kemampuan literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk diasah dan terus ditingkatkan. Kemampuan literasi sains adalah dasar dalam mencapai peningkatan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains siswa dalam 4 kategori, yakni: Literasi Nominal, Literasi Fungsional, Literasi Konseptual/Prosedural, dan Literasi Multidimensional. Siswa SMP Negeri 7 Jember yang diuji berasal dari beberapa tingkat dengan total 40 siswa. Tes bersifat CBT dengan menggunakan bantuan media aplikasi game turnament "Kahoot!". Hasil uji kemampuan literasi sains menunjukkan bahwa hanya 85% siswa telah baik dalam literasi nominal. Selanjutnya sebanyak 70% siswa cukup mampu dalam literasi fungsional. Siswa pada ranah literasi konseptual dan multidimensional dengan kriteria kurang berturut-turut memiliki persentase sebesar 53% dan 40%.


Keywords


Kemampuan Literasi Sains, Siswa, Aplikasi Kahoot!

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, AAI. Et Al. 2016. Analisis Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA pada Materi Hukum Dasar Kimia di Jakarta Selatan . EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan). Vol 1(2). 149 – 161.

Celik, S. 2014, Chemical Literacy Levels of Science and Methematics Teacher Candidates, Australian Journal of Teacher Education, vol. 39, no. 1, 15, (doi:10.14221/ajte.2014v39n1.5).

Fatmawati, I. D. 2015. Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMP pada Tema Limbah dan Upaya Penanggulangannya. Bandung: Repository Universitas Pendidikan Indonesia

Hernandez, Ikpeze, Kimaru. 2015. Perspectives on Science Literacy: A comparative study of United States and Kenya .Chemistry Faculty Publications.

Meryansumayeka, dkk. 2018. Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 (I), 29-42.

OECD. 2015. Country note: Indonesian Risult form PISA 2015. http://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf. Diakses pada tanggal 24 Mei 2019.

Pradhana, RB. (2017). Pengembangan Tes Literasi Fisika Berbasis Komputer untuk SMA. Universitas Jember: Tesis

Soobard, R., & Rannikmäe, M. 2011. Assessing student’s level of scientific literacy using interdisciplinary scenarios .Science Education International , 133-144 .

Wijayanti, I. 2006, Efektivitas Metode Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) yang Didukung Diagram V (Ve) dan Tai Didukung Peta Konsep Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia dengan Memperhatikan Keingintahuan Siswa Kelas X Semester Genap Sma Batik 1 Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi