MENINGKATKAN LITERASI IPA MELALUI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN JENG KELIN GALLAW UNTUK SISWA SMP
Abstract
SMPN 3 Jember telah menerapkan kurikulum 2013 terintegrasi dengan literasi dan PPK melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan 3 indikator pada aspek kompetensi PISA 2015 yaitu 1)kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah; 2)mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah; 3)menginterpretasi data dan bukti ilmiah. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan kemampuan literasi IPA.melalui inovasi model pembelajaran Jeng Kelin Gallaw pada siswa kelas VIII-A di SMP 3 Jember. Desain PTK Kemmis and McTaggrart dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Indikator pencapaian keberhasilan yang digunakan adalah ada peningkatan kemampuan literasi IPA siswa pada aspek kompetensi menggunakan instrumen soal tes tulis dengan 3 indikator aspek kompetensi. Hasil ini menunjukkan bahwa inovasi model pembelajaran Jeng Kelin Gallaw dapat meningkatkan kemampuan literasi IPA siswa kelas VIII-A.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Rawahi, N.M., & Al-Balushi, S.M. 2015. The Effect of Reflective Science Journal Writing on Students’ self – Regulated Learning strategies. International Journal of Environmental & Science Education. 10(3): 367-379
Arif, M. 2013. Efektivitas Penerapan Metode Gallery Walk (Pameran Berjalan) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/3985/93/429)
Campbell, L. M., Campbell, B. 2008. Mindful Learning: 101 Proven Strategies for Student and Teacher Success. second edition. USA, Corwin Press. Diakses melalui https://www.corwin.com/ /25914_081222_Campbell_Ch1_excerpt. pdf
Davis, P et al. 2015. Enhancing Metacognitive Literacy: A Research Study Using Sticky Notes in the Classroom. American International Journal of Contemporary Research. Vol. 5, No. 4; August 2015. www.aijcrnet.com › journals › Vol_5_No_4_August_2015 › 1.pdf.
Gusliani, G. 2014. Strategi inquiry menggunakan reading infusion dan science reflective journal writing kaitannya dengan literasi sains dan kemampuan kognitif siswa. (Online).(www.repository.upi.edu/12138/2/T_FIS_1202040_Abstract.pdf)
Iwamoto, D.H., Hargis, J., Hargis, J., & Vuong. K. (2014). The effects of Project Based Learning on Students Performance. International Journal for the Scholarship of Technology Enhanced Learning. 1(1), 24-42.
Kemendikbud. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Dirjend dikdas dan menengah. Jakarta. (Online). (http://dikdas.kemdikbud.go.id/desain-induk-gls-kemendikbud/)
Munawaroh, L., Pantiwati, Y., Rofieq, A. 2015. Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutorial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (ISSN:2442-3750)
OECD. 2016. Country Note Programme for International Student Assessment (PISA) result from PISA 2015. (online) https://www.oecd.org/PISA/PISA-2015Indonesia.pdf
OECD. 2016. Country note: Result from PISA 2015. (Online). (https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf).
P21 (Partnership for 21st Century Skills). 2011. Framework for 21st Century Learning. (Online). (www.p21.org/storage/documents/1._p21_farmework_2-pager.pdf)
Prasetiyaningsih, A. 2014. Peningkatan hasil belajar siswa dengan strategi Gallery Walk materi Sistem Pencernaan makanan siswa SMPN 3 Jember kelas VIII-F tahun ajaran 2014-2015. PTK guru, tidak diterbitkan, Perpustakaan SMP 3 Jember.
Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Sumarni, W. 2013. The Strengths and weaknesses of the implementation of Project based learning. International Journal of Science and Research (IJSR). 4(3), 478-484.
Susilowati, I., Iswari, R., Sukaesih, S. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materu sistem pencernaan manusia. Unnes Journal Biology Education. 2(1):82-90.
Towndrow, P.A., Ling, T.A., Venthan, A.M. 2008. Promoting Inquiry Through Science Reflective Journal. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 4(3):279-283. (online). (www.elainegalvin.ie)
Velazquez, C.R., Martinez, L.C., & Visscher, P.T. 2007. Learning Geomicrobiology as a Team Using Microbial Mats, a Multidisciplinary Approach. Journal of Microbiology&Biology Education.8(1):28-5.(Online).(www.physics.emory.edu.pdf.)
Wati, A., & Susilo, H. 2016. Implementasi Jurnal Belajar dalam pembelajaran sains. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Vol 1:856-864.
Zouhor, Z., Bogdanovic, Segedinac, M. 2016. Effects of the Know-Want-Learn Strategy on primary school students’s metacognition and physics achievement. Journal of Subject Didactics vol.1 (1), 39-49.
DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v4i1.2648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi