ANALISIS KETERAMPILAN BERIKIR KRITIS SISWA SMA DI KECAMATAN SAKO DAN ALANG-ALANG LEBAR

Heni Kurniyasari, Saleh Hidayat, Binar Azwar Anas Harfian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat penguasaan keterampilan berpikir kritis siswa SMA di Kecamatan Sako dan Kecamatan Alang-alang Lebar. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan nontes dan tes. Analisis data menggunakan Ms. Excel dengan menghitung persentase tingkat penguasaan. Hasil penelitian menunjukkan Kecamatan Sako terkategori rendah dengan persentase sebesar 38,99% dan Kecamatan Alang-alang Lebar terkategori sedang dengan persentase 52,99%. Indikator yang terkategori rendah di Kecamatan Sako adalah menganalisis 40,09%, mengevaluasi 25,82%, dan menjelaskan 34,97%. Indikator tertinggi adalah pengaturan diri 53,27%. Di Kecamatan Alang-alang Lebar indikator dengan persentase terendah adalah mengevaluasi 43,52% dan tertinggi adalah pengaturan diri 59,03%.


Keywords


Analisis, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Ahmar, D. S. (2016). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA Se-Kabupaten Takalar. Jurnal Sainsmat, 7-23, Vol. V, No. 1, ISSN 2086-6755.

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia, 1-11, Volume 10 Nomor 1.

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. M. (2011). Critical Thinking: A Student's Introduction (Fourth Edition). New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Benjamin, R., Klein, S., Steedle, J., Zahner, D., Elliot, S., & Patterson, J. (2013). The Case for Critical-Thinking Skills and Performance Assessment. Collegiate Learning Assessment (pp. 1-26). US: Council for Aid to Education.

Bowell, T., & Kemp, G. (2005). Critical Thinking: A Concise Guide (Second edition). New York: Routledge.

Cullinane, A. (2011). Two-tier Multiple Choice Questions (MCQs) - How Effective are They: A Pre-service Teachers Perspective. IOSTE - NW Europe, 1-12.

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 1-28.

Friskilia S, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 37-44, Vol.1, No.2.

Haryandi, S., Zainuddin, & Suyidno. (2013). Meningkatkan Kemampuan Analisis Sintesis Siswa melalui Penerapan Pengajaran Langsung dengan Metode Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 265-270.

Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 20-27, Vol.4, No.1.

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) (pp. 276-285). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, A. F. (2013). Hubungan Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Kalkulus Ditinjau dari Aspek Metakognisi, Motivasi, dan Perilaku. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1-8, Volume 01, Nomor 01.

Jakesova, J., & Kalenda, J. (2015). Self-regulated Learning: Critical-realistic Conceptualization. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 178–189.

Jufri, H. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Mabruroh, F., & Suhandi, A. (2017). Construction of Critical Thinking Skills Test Instrument Related The Concept on Sound Wave. Journal of Physics, 1-6.

Mahmood, S. (2017). Testing The Effectiveness of a Critical Thinking Skills Intervention for Initial Teacher Education Students in Pakistan. Thesis, University of Southamton.

Moore, B. N., & Parker, R. (2009). Critical Thinking (19th Editon). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Nugroho, R. A. (2018). High Order Thinking Skills (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: Grasindo.

Nurbaeti, Nuryanti, S., & Puspitasari, I. D. (2015). Hubungan Gaya Belajar dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMKN 1 Bungku Tengah. e-Jurnal Mitra Sains, 24-33, Volume 3, Nomor 2.

OECD. (2016). Result from PISA 2015. Organisation for Economic Co-operation and Development.

Pardjono & Wardaya. (2009). Peningkatan Kemampuan Analisis, Sintesis, dan Evaluasi melalui Pembelajaran Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 257-269.

Permendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Retrieved April 17, 2018, from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: peraturan.go.id/.../kemdikbud-nomor-65-tahun-2013-11e44c5174.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspendik. (2015). TIMSS infographic. Badan Penelitian dan Pengembangan.

Rakhmawati, T. Y., Rachmadiarti, F., & Budiono, J. D. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Adiwiyata dan SMA Non-Adiwiyata di Tuban. Bioedu, 978-984, Vol.4 No.3, ISSN: 2302-9528.

Ruggiero, V. R. (2012). Beyond Feelings: A Guide to Critical Thinking. New York: The McGraw-Hill.

Saputri, A. C., Sajidan, & Rinanto, Y. (2017). Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Window Shopping. Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 131-135). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sari, D. P. (2014). Mengembangkan Kemampuan Self-Regulation: Ranah Kognitif, Motivasi, dan Metakognisi. Delta Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 28-38, Vol. 3, No. 2.

Suryani, I., Yolanda, Y., & Ariani, T. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Tentang Impuls dan Momentum. Jurnal Fisika, 1-10.

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 223-231). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Yunita, S., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 33-38.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan (pp. 1-17). Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v4i1.2646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi