PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA APLLICATION OF GROUP INVESTIGATION LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOME

Nadlifa Meiliya Sari Novy Eurika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 di SMK Negeri 5 Jember Tahun 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan Bioteknologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian teridi dari tes ulangan  harian untuk menilai hasil belajar kognitif, dan lembar observasi untuk menilai hasil belajar afektif dan psikomotor. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebesar 28,16%, hasil belajar afektif mengalami peningkatan sebesar 29,02%, sedangkan hasil belajar psikomotor mengalami  peningkatan sebesar  10,42%.  Dengan  demikian dapat disimpulkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: Group Investigation, Hasil Belajar


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Arikunto, S, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Hasibuan, & Moedjiono. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Lie, A. (2005). Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Mardiyana, I. I. (2004). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMPN I Bangkalan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. FMIPA Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v1i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 BIOMA