PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA APLLICATION OF GROUP INVESTIGATION LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOME
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 di SMK Negeri 5 Jember Tahun 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan Bioteknologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian teridi dari tes ulangan harian untuk menilai hasil belajar kognitif, dan lembar observasi untuk menilai hasil belajar afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebesar 28,16%, hasil belajar afektif mengalami peningkatan sebesar 29,02%, sedangkan hasil belajar psikomotor mengalami peningkatan sebesar 10,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Group Investigation, Hasil Belajar
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Arikunto, S, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Hasibuan, & Moedjiono. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Lie, A. (2005). Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Mardiyana, I. I. (2004). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMPN I Bangkalan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. FMIPA Universitas Negeri Malang.
DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v1i1.157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 BIOMA