METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA TIGA DAN DUA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DEMONSTRATION METHOD WITH MEDIA THREE AND TWO DIMENSIONAL THROUGH STUDENT ACHIEVEMENT

Frieda Dewi Kusumawati Ika Priantari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode demonstrasi dengan media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment). Penelitian ini dilaksanakan selama hampir satu bulan yaitu pada 13 April 2015 sampai dengan 02 Mei 2015 di kelas VII E dan VII G SMP Negeri 1 Tegaldlimo. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya yaitu: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media tiga dimensi dan yang diajar menggunakan media dua dimensi memiliki perbedaan yang signifikan. Serta hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran tiga dimensi lebih baik dari pada menggunakan media pembelajaran dua dimensi. Hal ini dapat dilihat dari hasil posttest siswa yang diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anakova diperoleh sig = 0,00 dan   α = 0,05 Karena sig < α maka Ha diterima.

 

Kata kunci: Demonstrasi, Media Pembelajaran, Hasil Belajar


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Asrotun. (2014). Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.[skripsi]

(online). http://repository.unjkt.ac.id. Diakses tanggal 02 April 2015.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan media Pembelajaran. Jakarta. Referensi Jakarta.

Bahri, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta. Rineka Cipta.

Danim, S. (2008). Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara.

Fathurrohman, P & M. Sobri S. (2010). Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umun dan Konsep Islami, Bandung. Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v1i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 BIOMA