PEMBELAJARAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN GUMUK SEBAGAI SUMBER BELAJAR THE LEARNING OF ENVIRONMENTAL SCIENCE USING GUMUK AS LEARNING SOURCE

Agus Prasetyo Utomo

Abstract


Matakuliah Pengetahuan Lingkungan mempunyai tujuan supaya mahasiswa memahami konsep-konsep ilmu lingkungan, terampil mengidentifikasi persoalan lingkungan dan mencari alternatif pemecahannya serta sadar untuk menjadi manusia pembina lingkungan. Metode perkuliahan harus mengaitkan dengan masalah dunia nyata yang dihadapi sehari-hari (kontekstual). Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang tepat untuk perkuliahan ini karena mahasiswa mendapatkan pengetahuan/konsep dasar, kemampuan pemecahan masalah, belajar mandiri dan bekerjasama dalam kelompok. Gumuk yang terletak di sekitar kampus dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.

 

Kata kunci: Pengetahuan Lingkungan, Gumuk, Sumber Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Alfin, E., & Rusmana, I.M. (2014). Efektivitas Penggunaan Metode TGT (Team Games Tournament) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Lingkungan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(3), 243-252.

journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/363/349.

Aminrad, Z., Zakariya, S.Z.B.S., Hadi, A.S., & Sakari, M. (2013). Relationship Between Awareness, Knowledge and Attitudes Towards Environmental Education Among Secondary School Students in Malaysia. World Applied Sciences Journal 22(9), p. 1326-1333.

http://www.idosi.org/wasj/wasj22%289%2913/15.pdf.

Awatara, I.G.P.D. (2011). Peran Etika Lingkungan Dalam Memoderasi Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Berwawasan Lingkungan Terhadap Kinerja Karyawan Berwawasan Lingkungan. Jurnal EKOSAINS 3(2), 105-120. Diunduh pada 5 Januari 2016. (Online). Di jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ekosains/article/download/287/271.

Cintyamulya, I. (2013). Mendorong Berfikir Analisis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Matakuliah Konservasi dan Pengetahuan Lingkungan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/viewFile/3100/2136




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v1i1.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 BIOMA