PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERVISI SETS

Bintan Istiqlaliyah M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model Group Investigation bervisi SETS. Jenis Penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan  refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  hasil belajar biologi yang mencakup tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor mengalami peningkatan. Pada siklus I pada ranah kognitif sebesar 72,25%, pada ranah afektif sebesar 67% dan pada ranah psikomotor sebesar 80%. Kemudian pada pembelajaran siklus II pada ranah kognitif mengalami peningkatan menjadi 82,57%, pada ranah afektif mengalami peningkatan menjadi 80%, dan pada ranah psikomotor mengalami peningkatan menjadi 85%. Secara klasikal, peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II adalah sebesar 45,9 %. Demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi mengalami peningkatan melalui model Group Investigation bervisi SETS.

 

Kata kunci : Hasil Belajar Biologi, Model Group Investigation, Pendekatan SETS.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v3i1.1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi