PENDEKATAN JAS DIPADU GI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Harjani Rini Riani, Ika Priantari, Ari Indriana Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan sampel penelitian berjumlah 34 orang. Intrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata klasikal motivasi antara, siklus  I dan siklus II. Pada siklus II rata-rata klasikal motivasi belajar siswa meningkat sebesar 15,2% dari 75,6% menjadi 90,8% dan telah mencapai kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci : Jelajah Alam Sekitar (JAS), Group Investigation (GI), Motivasi belajar




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v3i1.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi



slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor