Indexing metadata

KONSEP KURIKULUM REKONSTRUKSI SOSIAL DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI ERA MODERN


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document KONSEP KURIKULUM REKONSTRUKSI SOSIAL DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI ERA MODERN
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Syahrul Mubaroq
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract

Kurikulum rekonstruksionis sosial merupakansebuah gagasan untuk menggunakan sekolah sebagai institusi perubahan dan pengajaran positif seperti membangun masyarakat yang lebih baik. Paulo Freire menerapkan rekonstruksi sosial dengan konsep “Cultural Action for conscientization”. Conscientization merupakan proses dimana seseorang bukan sebagai penerima tetapi sebagai pembelajar aktif, Keberhasilan di sekolah berhubungan erat dengan khayalak masyarakat, orang tua, perhatian masyarakat, organisasi, pebelajar, dan kelompok lainnya harus terlibat dalam pembelajaran. Shane menggunakan perencanaan masa yang akan datang (Futurologist) sebagai dasar penyusunan kurikulum. Beliau menekankan peranan individu dalam menemukan peranan masa depanya sendiri, mereka tidak dapat melepaskan diri dari perkembangannya akan tetapi harus menyesuaikannya. Shane menyarankan para pengembang kurikulum agar mempelajari tren perkembangan. Tren utama pada era modern ini adalah perkembangan teknologi dengan berbagai dampaknya terhadap kondisi dan perkembangan masyarakat, serta kecenderungan lain seperti perkembangan ekonomi , politik, sosial, dan budaya.
Kata Kunci: kurikulum, social, tren.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Muhammadiyah Jember
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2018-03-03
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF (Bahasa Indonesia)
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1112
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.32528/bb.v3i1.1112
 
11. Source Title; vol., no. (year) BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 3, No 1 (2018): BELAJAR BAHASA
 
12. Language English=en id
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2018 BELAJAR BAHASA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.